Jelang Nataru, Petugas Lapas Batang Sidak Kamar WBP

Batang - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Batang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dengan menggeledah kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Seluruh petugas Lapas melakukan penyisiran di sudut sudut kamar. Hasilnya, ditemukan sejumlah barang milik warga binaan yang tidak diperbolehkan berada di blok hunian diantaranya korek api, gunting kuku, paku, dan beberapa benda yang berbahan dasar kaca.

“Jadi kami melakukan penggeledahan di semua kamar blok hunian yang berjumlah 5 blok, tujuannya untuk mengetahui sampai sejauh mana keamanan ketertiban yang ada di Lapas,” kata Kepala Lapas Batang, Rindra Wardhana di sela-sela penggledahan, Kamis (23/12) malam.

Selain itu, kegiatan tersebut menurutnya adalah langkah deteksi dini untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan keamanan dan ketertiban, khususnya menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

“Biasanya yang lebih diwaspadai pada perayaan akhir tahun adalah berupa peredaran narkoba, petasan atau sejenisnya,” jelasnya.

Dan alhamdulillah tidak ditemukan narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya, memang ada beberapa barang yang disita dan langsung diamankan nantinya akan dibakar,” ungkapnya.

Dikatakannya, pemeriksaan barang titipan akan diperketat agar barang terlarang tidak masuk lagi ke dalam. Meskipun pemeriksaan menggunakan sistem manual, pegawai harus lebih teliti.

“Untuk kegiatan penggeledahan kami rutin menggelar, hal itu mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dan kami gelar juga gelar kegiatan itu secara prefentif,” tandasnya.