PLN Serahkan Bantuan 150 Sambungan Listrik Gratis di Pemalang

Pemalang - PT PLN UP3 Tegal menyerahkan bantuan 150 sambungan listrik gratis di Pemalang.

Hal itu diwujudkan, dalam penandatanganan kerjasama antara Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dengan multi stakeholder PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3)Tegal, dengan dihadiri Forkopimda, di salah satu hotel Pemalang, Kamis (23/12).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar - besarnya kepada Manager PT PLN UP3 Tegal beserta segenap jajarannya.

Agung berharap Multi Stakeholder Forum PLN Tahun 2021 dapat menjadi media untuk mensosialisasikan berbagai program layanan yang ada serta menyatukan seluruh pemangku kepentingan di Pemalang untuk bersama-sama berkomitmen mendukung program-program PLN.

"Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PT PLN Tegal telah menyediakan dan mendistribusikan listrik di wilayah Pemalang dengan sangat baik, pelayanan terbaik selalu diupayakan agar para pelanggan memperoleh kepuasan atas layanan yang diberikan," ujarnya.

Bupati berharap UP3 Tegal dapat konsisten mempertahankan kualitas pelayanannya, baik terhadap pelanggan perusahaan, pemerintah, instansi-instansi maupun pelanggan per orangan. Konsistensi dalam pelayanan inilah yang menjadi kunci sukses mewujudkan kepercayaan dan kepuasan publik, selain itu UP3 Tegal juga dapat mendukung pelaksanaan program Desa Digital (Dedi) di Pemalang, salah satu langkahnya adalah dengan memastikan layanan listrik menjangkau seluruh wilayah Pemalang, baik di Kota sampai ke wilayah terkecil di desa.

Bupati juga optimistis melalui sinergitas dan kerja keras berbagai stakeholder, Pemkab Pemalang dapat mewujudkan daerah yang adil, makmur dan sejahtera.

Pada kesempatan tersebut, Moses Allo selaku Manager UP3 Tegal merasa senang karena di penghujung tahun ini PLN bisa kembali menyelenggarakan Multi Stakeholder Forum (MSF) tahun 2021 dengan tema "Bangun Sinergi dan Bangkit Bersama Wujudkan Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku".

Dirinya juga mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan angka minus di awal masa pandemi, secara berangsur-angsur mengalami perbaikan. Berbagai program Pemerintah berupa bantuan dan stimulus-stimulus di sektor ekonomi dan kesehatan mulai menampakkan hasilnya. Momentum pemulihannya terlihat di Triwulan II-2021, sejalan dengan pemulihan ekonomi global, di mana pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat sebesar 7,07% (yoy).

"Hal ini juga tercermin pada wilayah kabupaten Pemalang yang PLN layani melalui ULP Pemalang, ULP Comal dan ULP Randudongkal, dimana terdapat pertumbuhan sebesar 6.02% per November 2021 untuk tarif Bisnis dan Industri," ujarnya.

Ia mengatakan, PLN sebagai agen Pemerintah tentunya juga memiliki peran tersendiri dalam rangka pemulihan ekonomi ini. Salah satu perannya adalah menjalankan kebijakan-kebijakan Pemerintah terkait stimulus dan juga program-program lain yang dibuat oleh PLN untuk mendukung pemulihan ekonomi disebutkan bahwa Jumlah Pelanggan kab. Pemalang 401.095 per november 2021.

"Dalam pelaksanaannya PLN tentu tidak bisa bekerja sendirian. Keterlibatan para stakeholder adalah kunci agar PLN tetap eksis bekerja menerangi negeri. Melalui kegiatan Multi Stakeholder Forum (MSF), PLN akan menyelaraskan program-program kerjanya dengan rencana pembangunan daerah. Penyampaian rencana pembangunan ketenagalistrikan dan program layanan PLN kepada stakeholder diharapkan mampu meningkatkan engagement sehingga dapat saling bersinergi membangun perekonomian yang tangguh," ujarnya.

Pada Kegiatan ini juga, PLN menyerahkan secara simbolis bantuan sambungan listrik gratis sebanyak 150 sambungan di kabupaten Pemalang yang merupkan program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim di wilayah kabupaten Pemalang dan Penandatanganan Deklarasi Multi Stakeholder Forum tahun 2021, dengan ini semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati layanan listrik yang disediakan oleh PLN dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di kabupaten Pemalang, selain itu salah satu program kerja PLN adalah meningkatkan Customer Experience. PLN ingin memberikan pengalaman baru bagi pelanggan dalam menikmati layanan listrik.