Bupati Batang Sarankan Pengembangan Eduwisata Buah di Desa Kembanglangit

Batang - Desa Kembanglangit Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mempunyai pemandangan yang indah dengan pohon pinusnya yang tertata rapi dan ditambah udaranya yang sejuk karena berada di ketinggian 1.000 mdpl.

Desa Kembanglangit yang hanya dilalui Jalan Bandar-Dieng Banjarnegara sekarang mulai dijadikan tempat wisata. Apalagi didukung visi misi Bupati Batang dan Wakil Bupati Batang ingin mengembangkan wisata dengan mengangkat 4 Si yang salah satunya Si Kembang akan dijadikan daerah wisata alam.

Hal ini terlihat dari sepanjang jalan Bandar yang menghubungkan ke Dieng telah berdiri 14 tempat kuliner dan kafe yang manawarkan menu makanan dengan nuansa alamnya.

“Hal ini sudah hukum alam, karena saat ini banyak orang yang membutuhkan tempat wisata yang nyaman. Untuk itu daerah atas mulai Bandar hingga Desa Kembanglangit banyak tumbuh wisata kuliner,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui usai membuka kafe Kacalangit di Desa Kembanglangit, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jumat (24/12).

Pemerintah Kabupaten Batang sangat terbuka menerima investor untuk pengembangan objek wisata. Tetapi jangan lupa investor wajib melibatkan orang lokal untuk ikut diberdayakan.

“Terpenting dalam pengembangan wisata ada sesuatu yang baru dan ada saran untuk edukasi. Seperti eduwisata buah-buahan, pengunjung sambil makan nanti anak - anak bisa petik buah sendiri. Ini menjadi hal yang baru dan dapat dinikmati,” jelasnya.

Ia menambahkan, kalau obyek wisata buatan tidak akan berlangsung lama, beda dengan wisata alam dan sejarah yang bisa dipastikan berlangsung lama.

Kita, lanjut dia, memiliki obyek wisata komplit yang dinamai 4 Si, Sigandu dengan mewakili pantai, Silurah wisata sejarah peradaban Syailendra, Sikembang wisata pegunungan dengan kesejukan udara dan terakhir Sikuping yaitu wisata olahraga ekstrim paralayang.

“Saya optimis dengan tagline Batang Heaven Of Asia atau Batang menjadi surganya Asia dapat tercapai,” tandasnya.