Bupati Batang Bersama Forkopimda Pantau Malam Natal di Gereja Santo Yusup

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang memastikan kenyamanan umat Kristiani selama menjalankan ibadah Misa Malam Natal, Bupati Batang Wihaji bersama Forkopimda melakukan patroli pemantauan di beberapa titik strategis termasuk Gereja Katolik Santo Yusup.

“Alhamdulillah malam ini kita cek semua sudah sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah. Seperti yang sudah dilakukan Gereja Katolik Santo Yusup, terima kasih Romo,” kata Bupati Wihaji usai melakukan patroli pemantauan malam Natal di Gereja Santo Yusup Kabupaten Batang, Kamis (24/12) malam.

Semua pihak sudah menunjukkan kerjasama yang baik. Pantauan bersama Forkopimda ini dilakukan sebagai wujud rasa guyub rukun Kabupaten Batang yang masih pada masa Pandemi Covid-19.

“Saya pastikan untuk semua warga Kabupaten Batang yang menjalani ibadah malam ini akan kami layani dengan baik oleh Pemkab Batang, termasuk sekarang dengan Romo Joseph Ohoiledwarin bersama seluruh jemaatnya,” jelasnya.

Karena beliau bersama jemaatnya yang termasuk dilindungi oleh undang-undang dan kami pastikan semua berjalan dengan lancar sampai rangkaian acara selesai.

“Patroli pemantauan malam Natal kita berkeliling ke titik-titik pos yang sudah kami tentukan termasuk titik perbatasan Exit Tol Kalibeluk dan pusat keramaian di alun-alun batang, alhamdulillah berjalan lancar dan aman,” terangnya.

Pimpinan Gereja Santo Yusup Romo Romo Joseph Ohoiledwarin mengatakan, saya dan seluruh jemaat gereja selama ini selalu mendukung Pemkab Batang untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat.

“Dalam perayaan malam ini kita menyadari bahwa semua umat masih merasakan situasi pandemi. Oleh karena itu, saya pastikan kepada seluruh umat Katolik yang mengikuti perayaan Ekaristi malam ini harus sehat jasmani dan rohani,” ungkapnya.

Ia menambahkan, salah satu syarat agar semua umat dapat merayakan Natal adalah telah mendapatkan dua dosis vaksinasi Covid-19. Sebelumnya di tanggal 12 Desember kami bekerja sama dengan pihak Polres Batang mengadakan vaksinasi massal di sini, untuk memastikan bahwa semua umat Katolik sudah tervaksin.

“Ibadah Misa Malam Natal hari ini, dapat berjalan lancar. Sebelum perayaan ini pihak panitia telah melakukan pendataan seluruh umat dengan memastikan tempat duduk ini diatur jarak antar jemaat, sehingga protokol kesehatan 3M terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Sementara, Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto mengatakan, jajaran Polres bersama Bupati Batang dan Forkopimda menggelar patroli di Gereja Katolik Santo Yusup, untuk memastikan pelaksanaan peribadatan berjalan lancar.

“Kami menjamin bahwa ketenangan dalam beribadah menjadi konsekuensi yang utama, yang ditunjukkan dengan Forkopimda Kabupaten Batang ingin bersama-sama menjamin seluruh umat beragama bisa beribadah dengan nyaman dan mewujudkan toleransi dengan baik,” ujar dia.

Pasukan yang diterjunkan merupakan kolaborasi antara Forkopimda sebanyak 300 personel dan dibantu Organisasi Kemasyarakatan.

“Mereka kami sebar di masing-masing Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Rest Area serta beberapa gereja. Penjagaan dilakukan selama 1×24 jam sampai batas Operasi Lilin Candi 2021 selesai,” pungkasnya.