Bupati Buton Hadiri Peringatan Hari Ibu ke-93

Buton - Bupati Buton La Bakry menghadiri peringatan Hari Ibu ke-93 sekaligus dirangkaikan dengan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-22 tingkat Kabupaten Buton tahun 2021 dengan mengusung tema "Perempuan Berdaya Indonesia Maju bersama Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM", di Gedung Wakaka, Pasarwajo, Rabu (22/12).

Mengawali sambutannya, orang nomor satu di Buton menyinggung soal kondisi ekonomi nasional 2 tahun terakhir yang menurun akibat pandemi COVID-19, namun yang yang bisa bertahan hanya pelaku UMKM.

"Tema yang diusung kali ini sangat luar biasa dan sangat relevan dengan kondisi kita saat ini. Semoga bisa menjadi inspirasi dan harus menjadi sentral dari semua kegiatan ibu-ibu karena ternyata pegiat UMKM mampu bertahan di tengah suatuasi pandemi COVID-19," katanya.

Ditambahkan Ketua Bapera Sultra ini bahwa sebagian besar UMKM di seluruh Indonesia dikomandoi oleh ibu-ibu dan UMKM yang dikomandoi ibu-ibu biasanya memiliki peluang sukses lebih besar karena memiliki pengelolaan keuangan yang jujur dan manajemen yang tertata.

"Saya berharap di Buton bisa kita replikasi, supaya pendapatan ekonomi masyarakat meningkat," tuturnya.

Lebih lanjut La Bakry mengatakan, perempuan sejak masa lalu, hari ini dan akan datang insya Allah masih terbuka ruang dan semua kaum ibu bisa berpartisipasi dalam memajukan indonesia melalui pengembangan UMKM

"Sebelum saya akhiri saya mengajak masyarakat berbagai pihak mari kita dukung dan berikan kesempatan kepada seluruh perempuan untuk maju memberdayakan diri dengan tetap menjunjung tinggi kodratnya dalam keluarga sebagi istri dan juga ibu," ucap bupati Buton.

Dikatakanya, peran ibu dalam keluarga sangat penting karena perempuan diibaratkan sebagai tiang sebuah bangsa terutama dalam mendidik anak yang menjadi dasar terbentuknya karakter keluarga, masyarakat bahkan secara luas pembentuk karakter sebuah bungsa

"Kita semua bisa tumbuh besar dan menjadi seperti hari ini karena peran besar seorang ibu dalam mendidik kita semua," tutup bupati Buton.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DWP Kabupaten Buton Wa Ode St. Haidar Zilfar mengatakan, peringatan Hari Ibu merupakan upaya bangsa mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.

"Peringtan ini tidak hanya untuk mengucapkan terimakasih atas jasa ibu tapi juga bertujuan untuk memberikan perhatian akan pentingnya peran perempuan bagi kemajuan sebuah bangsa," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton La Ode Zilfar Djafar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Buton, Alimani, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton La Ode Zilfar Dajafr, Ketua GOW Kabupaten Buton Delya Montolalu La Bakry, Forkopimda Kabupaten Buton, Kepala OPD, anggota TP-PKK Kabupaten Buton dan anggota DWP.