Gibran Resmikan SPKLU Pertama di Kota Solo

Solo – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Tahun 2021 PLN UP3 Surakarta di Kantor PLN UP3 Surakarta, Selasa (28/12).

SPKLU ini merupakan yang pertama ada di Kota Solo dan berlokasi di halaman kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta Jl. Slamet Riyadi No.468 Surakarta.

Pembangunan SPKLU ini merupakan komitmen PLN mendukung green energy untuk Indonesia Langit Biru dan sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan pada 12 Agustus 2019.

Gibran menyambut baik adanya SPKLU ini dan akan mensosialisasikan kepada masyarakat Kota Solo untuk beralih menggunakan kendaraan listrik karena lebih ramah lingkungan.

“Yang jelas kami menyambut baik dengan adanya SPKLU yang ada di Kota Solo ini, jadi kita dorong juga warga untuk beralih ke kendaraan-kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” jelasnya.

Dalam peresmian ini, Gibran berkesempatan test drive mobil listrik yang telah di charger di SPKLU dan mengungkapkan bahwa mengendarai mobil listrik lebih baik karena lebih ramah lingkungan dan juga tidak ada suaranya.

“Tadi saya nyoba ndak ada bedanya dengan mobil yang pakai bensin atau solar, malah lebih baik juga, ndak ada suaranya juga, dengan adanya SPKLU ini kan setiap charger kan hanya membutuhkan 2 jam jadi sangat cepat sekali.” jelasnya.

Gibran hadir bersama Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko, dan General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng & DIY, Muhammad Irwansyah Putra, beserta jajaran Forkopimda Kota Surakarta lainnya.