Gibran Jadi Panelis Seminar UMKM dan Ekonomi Hijau

Solo - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi panelis dalam acara Seminar yang diadakan oleh  Otorita Jasa Keuangan (OJK) yang berlokasi di kantor OJK Surakarta, Selasa (28/12).

Seminar yang bertemakan “Tantangan Milenial Merebut Peluang Akses Pembiayaan Dalam Ekosistem UMKM dan Ekonomi Hijau” juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan melalui Zoom Meeting juga turut hadir Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dalam penyampaian materi pada seminar OJK ini, Gibran menyampaikan harapannya agar produk UMKM di kota Surakarta dapat terus naik kelas dan memiliki kesempatan untuk dapat mengekspor produk UMKM kota Surakarta.

“Kami akan terus mendampingi para pelaku UMKM di kota Surakarta, agar produk UMKM dapat naik kelas dan mendapatkan kesempatan untuk produknya agar dapat diekspor,” jelasnya.

Berkaitan dengan sistem ekonomi hijau, Gibran  juga menyampaikan bahwa pengemasan produk UMKM harus berstandar Food Grade dan bahan kemasan juga harus dapat di daur ulang yang bertujuan agar produk ramah lingkungan.

“Kita ingin menekankan kembali, karena ini membahas tentang ekonomi hijau kita ingin dari sisi pengemasan produk harus food grade, bahan kemasan produk harus dapat di recycle.” tambahnya.

Untuk mendukung sektor pertanian, pemerintah kota bersama Kementerian Pertanian berencana untuk membuat Rice Milling Unit (RMU) Pertanian di Kota Surakarta, sehingga daerah se-Solo Raya dapat memadukan produk-produk pertanian ke RMU.

Dengan adanya RMU, pemerintah kota dapat membantu pendistribusian dan branding produk-produk pertanian yang dihasilkan oleh petani di sekitar kota Surakarta.

Sementara itu, untuk mendukung ekonomi hijau pemerintah kota akan segera meluncurkan pengadaan mobil listrik dan untuk masalah persampahan terus mempecepat pengembangan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Acara seminar ditutup dengan penyerahan cinderamata oleh Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso kepada para panelis dan moderator.

Pada seminar ini, terdapat lima panelis, yakni walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Deputi Komisioner Stabilitas Sistem Keuangan OJK Agus Edy Siregar, Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto, Ketua Umum Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI), Petani Milenial Temanggung Hendi Nur Seto serta dimoderatori oleh Presiden Direktur Solo Pos Media Group Arif Budisusilo.