Wawali Ingin MUI Solo Berdayakan Ekonomi Umat

Solo – Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa membuka kegiatan Manajemen Masjid Dan Penyerahan Bantuan Hibah Mushaf Al Qur’an di Gedung Pusat Pemberdayaan Ekonomi Umat (PPEU) MUI Kota Surakarta, Pasar Kliwon, Selasa (28/12).

Pada kesempatan tersebut, Teguh mengatakan umat Islam khususnya di Kota Surakarta mempunyai tanggung jawab besar untuk dapat mandiri dan meningkatkan kesejahteraan dalam keberagaman beragama.

“Hari ini kita dipertemukan gedung yang kira-kira jarang dipakai. Ini kan ironis sekali gedung ini nggak pernah dipakai, yang sebenarnya dibangun agar ada manfaatnya. Kalau masjid kan udah tiap hari digunakan untuk beribadah dan gedung ini harus bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan ekonomi umat Islam dengan membangun fasilitas UMKM Umat Islam dengan mengikuti perkembangan ekonomi digital,” katanya.

Teguh menambahkan keberadaan PPEU ini diharapkan tidak hanya menjadi tempat ibadah saja Tapi lebih bagaimana umat kita bisa lebih sejahtera secara ekonomi dan sosial.

“Saya yakin pembinaan dalam mempelajari agama sudah lebih cukup artinya faktor ekonomi umat menjadi fokus pemberdayaan umat yang mendorong kehidupan umat Islam yang lebih seimbang,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Surakarta berharap MUI Kota Surakarta bisa bekerjasama dengan para pelaku ekonomi kreatif dan penyedia marketplace seperti di Solo Technopark dan Sentra IKM Semanggi.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia Surakarta KH Muhtarom yang menjadi moderator dalam kegiatan ini mengatakan diklat ini tidak hanya mendorong mengembangkan kegiatan masjid namun juga mengembangkan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar masjid.

“Kami sangat mengapresiasi perhatian Pemerintah Kota Surakarta dalam mendorong umat Islam selain belajar meningkatkan keimanan namun juga mengembangkan diri dalam meningkatkan kesejahteraan lewat pembangunan ekonomi umat. Seperti pagi hari ini kita bisa menghadiri kegiatan terima Alquran dari Pemkot Kota Surakarta kepada DMI Kota Surakarta dan sekaligus nanti dilangsungkan dengan tata kelola masjid yang akan diisi oleh dua narasumber yang luar biasa yang telah hadir di tengah kita,” bebernya.

Pemkot Surakarta memberikan bantuan 1.215 Mushaf Al Quran yang nantinya distribusikan kepada masjid-masjid di Kota Surakarta di masing-masing kecamatan.