Forkopimda se-Aceh Bahas Protokol Kesehatan Tatanan Hidup Baru

Meulaboh - Bupati Aceh Barat yang diwakili Sekretaris Daerah Adonis mengikuti rapat koordinasi melalui video conference bersama Forkopimda Aceh dan Forkopimda Kabupaten/Kota se-Aceh membahas penegasan protokol kesehatan dalam rangka penerapan tatanan hidup baru di ruang rapat Bupati Aceh Barat, Selasa (9/6).

Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada mengatakan, tatanan hidup baru merupakan adaptasi kehidupan normal dengan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker dan sebagainya.

Dikatakannya, kunci keberhasilan tatanan hidup baru adalah disiplin pada aturan dan tetap kompak.

"Mari sama-sama memperkuat penjagaan wilayah daerah di perbatasan Aceh agar kita terhindar dari COVID-19," ajaknya.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan bahwa Satgas COVID-19 telah mengumumkan kabupaten/kota di Aceh sudah 14 daerah masuk kategori hijau dan 9 daerah kategori kuning.

"Ini berarti bahwa daerah di Aceh dapat melaksanakan tatanan hidup baru yang produktif dan aman dari COVID-19," tuturnya.

Nova menambahkan, pemerintah melalui Satgas COVID-19 Aceh akan terus melakukan 'update' informasi seputar COVID-19 setiap pekannya.

"Kita harus tetap waspada. Antisipasi terhadap virus ini tetap ditingkatkan agar warga Aceh dapat hidup tenang dan dalam kondisi baik," tambahnya.

Nova menjelaskan bahwa zona risiko tinggi COVID-19 ditandai dengan zona merah, sedang ditandai dengan zona orange, kondisi rendah ditandai dengan zona kuning dan aman dari COVID-19 ditandai dengan zona hijau.

Lebih lanjut, Nova menyampaikan mengatakan, saat ini segala sesuatu dinormalkan, namun tetap dengan menjalankan protokol kesehatan, dan bagi yang sakit diwajibkan untuk tetap di rumah.

Nova juga mengimbau agar bupati dan wali kota segera mengambil langkah-langkah tatanan hidup baru, dan hal pertama yang dilakukan adalah dengan melaksanakan forum koordinasi bersama pimpinan daerah untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan bebas dari COVID-19

Pada kesempatan itu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meluncurkan buku panduan tatanan hidup baru.

Turut hadir dalam rakor virtual tersebut, ketua DPRK Aceh Barat, kasdim 0105 Aceh Barat, sakapolres Aceh Barat, ketua MPU Aceh Barat, perwakilan Sekretariat COVID-19 Aceh Barat, kepala BPBD Aceh Barat dan beberapa kepala SKPK terkait.