Posyandu Kemala dan Dinkes Batang Kolaborasi Cegah Stunting

Batang - Bhayangkari Cabang Batang kini telah memiliki Posyandu Kemala XVIII yang telah diresmikan oleh Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto, dengan semangat ikut berkontribusi dalam pencegahan maupun penurunan angka stunting dengan berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Batang.

AKBP M. Irwan mengatakan, Posyandu ini diresmikan sebagai bentuk kepedulian terhadap para ibu agar terhindar dari bahaya stunting sejak awal. Untuk mencegah stunting, perlu adanya pendampingan dari para pengurus Bhayangkari, sehingga nantinya akan terlahir putra-putri yang sehat.

“Konsentrasi kami adalah untuk mencegah stunting bagi keluarga besar Polres Batang dan warga sekitar. Kami juga akan melakukan pengawasan terhadap kesehatan masyarakat, khususnya ibu dan anak,” katanya usai meresmikan Posyandu Kemala XVIII, di Asrama Polres Batang, Kabupaten Batang, Kamis (30/12).

Ia memastikan, kegiatan tersebut akan membawa dampak positif terhadap peningkatan pertumbuhan dan kecerdasan anak.

“Pertumbuhan anak yang baik ini juga menentukan keberlangsungan dari sebuah negara. Negara ini memerlukan penerus bangsa yang sehat dan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga bisa menjadi panutan di masa depan,” tegasnya.

Menurutnya, kolaborasi antara Posyandu Kemala dengan Dinkes Batang ini sangat diperlukan demi menyukseskan program Pemerintah.

“Dinkes Batang pasti mempunyai program kesehatan yang menyasar pada anak dan ibu di seluruh Posyandu di Kabupaten Batang. Demikian pula dengan Posyandu Kemala yang bisa bersinergi,” terangnya.

Ia menambahkan, banyaknya ibu hamil yang meninggal karena COVID-19 mengetuk hati Ibu-ibu Bhayangkari untuk ikut berperan dalam mencegah terjadinya kasus tersebut.

Pihaknya dapat melakukan skrining, tes swab antigen dan vaksinasi bagi warga sekitar, yang berkesinambungan dengan program Pemkab Batang.

“Kami akan bekerja sama dengan Dokkes Polres Batang dan Dinkes Batang, serta jika ada kegiatan-kegiatan kemanusiaan bersama rekan-rekan PMI Batang terkait kesehatan ibu dan anak pun kami terjun membantu, demi kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Ketua Bhayangkari Cabang Batang, Nyonya Vanessa Meirdiana Irwan Susanto mengatakan, perersmian Posyandu Kemala XVIII ini akan memudahkan pelayanan kesehatan ibu dan anak bagi keluarga Polres Batang maupun masyarakat lingkungan sekitar.

“Sebelum ada ruangan pun tetap bersemangat melaksanakan kegiatan Posyandu. Semoga setelah memiliki ruang Posyandu bisa meningkatkan semangat dalam memberikan manfaat yang lebih besar dan makin luas, yakni tidak hanya untuk keluarga di asrama Polri, tapi juga bagi masyarakat,” harapnya.

Kepala Dinkes Batang dr. Didiet Wisnuhardanto menerangkan, dibentuknya Posyandu Kemala XVIII oleh Bhayangkari Cabang Batang, tentunya akan mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar Polres Batang, karena pelayanan kesehatan ibu dan anak akan mudah diperoleh.

“Ya sangat bagus lah, karena ikut mendukung program Pemkab Batang yang ingin menurunkan angka stunting. Nanti bisa kami bantu alat kesehatan, untuk menunjang pelayanan kesehatan,” ujar dia.

Dinkes selalu mendukung kegiatan yang berorientasi pelayanan kesehatan, apalagi untuk mencegah kematian ibu hamil karena kasus COVID-19.