Pemkab Jayapura Butuh Dukungan Elemen Masyarakat Perangi COVID-19

Sentani - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menekankan bahwa untuk memerangi pandemi COVID-19 di wilayah setempat, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, harus ada dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

"Untuk memerangi pandemi COVID-19 ini kita tidak bisa kerja sendirian, harus ada dukungan dari seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura," kata Bupati Mathius di kantor Bupati Jayapura, Selasa (9/6).

Menurutnya, upaya-upaya pemda untuk memerangi pandemi COVID-19 sejauh ini belum mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura. Hal itu bisa dilihat dari jumlah warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah, misalnya tidak menggunakan masker, mengabaikan sosial distancing.

"Pelanggaran terhadap protokol kesehatan tentunya akan berimbas pada banyaknya temuan jumlah kasus baru positif COVID-19 di Kabupaten Jayapura," ujar bupati.

Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu berharap peran seluruh elemen masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh adat, para pedagang, dan pimpinan OPD.

"Misalnya untuk yang berjualan di pasar, bisa sosialisasi dengan temannya, tokoh agama, majelis, bagaimana dia bisa memberikan pemahaman kepada jemaatnya. Kalau seperti ini ada kekawatiran COVID-19 sulit diselesaikan. Ini bisa diselesaikan karena kita disiplin dan kita mampu untuk menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," tambahnya.