Awal Tahun 2022, Wali Kota Pekalongan Sidak Kinerja OPD

Kota Pekalongan - Pascalibur Tahun Baru 2022, Pemerintah Kota Pekalongan dalam hal ini Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid bersama dengan Asisten Administrasi Umum, Agust Marhaendayanaa, Kepala BKPPD Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini dan jajarannya melakukan sidak ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kota Pekalongan, Senin (3/1).

Dari dua OPD yang disambanginya yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekalongan, hasilnya seluruh ASN pada hari pertama masuk kerja di tahun 2022 tingkat kehadirannya 100 persen. Tujuan sidak ini adalah untuk silaturahmi awal tahun sekaligus memastikan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar.

Wali Kota Pekalongan yang akrab disapa Aaf tersebut mengungkapkan bahwa, sidak ini juga dalam rangka sharing evaluasi mengenai program-program yang sudah dijalankan dan kendala yang dihadapi di masing-masing OPD pada tahun sebelumnya. Mengingat, beberapa pegawai Aparatur Sipil Negara di OPD tersebut merupakan pegawai baru yang mengalami rotasi/mutasi pada pelantikan di akhir Desember 2021 lalu.

“Kita hari ini melaksanakan sidak awal tahun 2022, pagi ini yang dikunjungi adalah Dinas Pendidikan dan Dindukcapil. Kita mengunjungi Dindukcapil, karena kepala dinasnya baru sekaligus kita sharing tentang program-program dan kendala yang ada disana,” tutur Aaf.

Aaf menjelaskan, dari hasil sidak ini nantinya beberapa kendala yang ada harus dibenahi dan dipenuhi diantaranya alat cetak dokumen kependudukan, dan sebagainya. Sementara, saat menyambangi Dindik dan Dindukcapil , pihaknya mengaku bersyukur semua ASN berangkat masuk kerja pasca libur Tahun Baru kemarin.

Menurutnya, di awal tahun 2022 ini, para ASN harus memiliki semangat dan etos kerja yang baru untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pihaknya berharap, di awal tahun 2022 ini, sinergitas dan kinerja pegawai yang ada di lingkup Pemerintah Kota Pekalongan ini semakin meningkat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat semaksimal mungkin.

“Semua PNS berangkat, memang di beberapa bidang di OPD tadi banyak diisi oleh personel-personel baru juga, mudah-mudahan sinergitas dan pemaksimalan pelayanan di semua OPD,  terutama di Dindik mengenai kesiapan vaksin anak, kesiapan syarat PTM 100 persen semoga selalu dilancarkan agar dunia pendidikan di Kota Pekalongan bisa lebih baik lagi dalam mendidik generasi penerusnya,” tandasnya.