Tingkatkan Mutu, Disdik Pekalongan Gagas Program 'Dolan PAUD'

Kota Pekalongan - Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas PAUD di Kota Pekalongan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pendidikan setempat bekerjasama dengan Bunda PAUD menggagas program Wadulan Anak PAUD (Dolan PAUD).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim mengungkapkan bahwa, Dolan PAUD ini merupakan program Dinas Pendidikan melalui Bidang PAUD PNF bekerjasama dengan Bunda PAUD Kota Pekalongan, Ibu  Inggit Soraya. Menurutnya, kata “dolan” di sini konotasinya adalah bermain, atau bisa diartikan mendolani yakni mendatangi ke sejumlah sekolah PAUD di Kota Pekalongan.

“Tidak hanya mendatangi sekolah saja, tetapi program ini didalamnya anak-anak didik atau pengelola PAUD itu bisa wadul atau berkeluh kesah ke OPD terkait terkait kendala-kendala yang dihadapi sekolahnya dalam melaksanakan proses pembelajaran,” tutur Hakim, sapaan akrabnya, Selasa (4/1).

Hakim menilai, sejauh ini kondisi sekolah PAUD yang ada di Kota Pekalongan memang beragam, terutama yang mendapatkan perhatian untuk pemeliharaan dan perbaikan dari Dinas Pendidikan maupun Bunda PAUD adalah sekolah-sekolah PAUD yang dikelola oleh kelompok masyarakat secara swadaya dan sarana dan prasarananya terbatas. Di tengah keterbatasan itu, Hakim mengapresiasi, hal tersebut tidak membuat semangat para peserta didik maupun pengelola PAUD tersebut luntur.

“Salah satunya di sekolah PAUD yang pernah kami sambangi adalah di PAUD SPS Ananda yang terletak di Jalan Kusuma Bangsa Gg Cemara Dk.Gedengan RT 02 RW 06,Kelurahan Panjang Baru,Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Disana memang kami merasa terenyuh dan prihatin, bangunan sekolah itu berdiri dari upaya para kuli panggul pangkalan ikan melihat pendidikan anak-anak di wilayah itu. Bangunan sekolah itu masih ala kadarnya hanya menggunakan rumah/garasi/tanah wakaf warga setempat yang dilengkap[i dengan media pembelajaran PAUD seadanya,” terang Hakim.

Lebih lanjut, Hakim menyebutkan, di tahun 2022 ini, pihaknya sudah berdiskusi dengan Bunda PAUD Kota Pekalongan perihal tindaklanjut dari program Dolan PAUD ini akan seperti apa konsep ke depannya dalam mengakomodir peningkatan mutu sekolah-sekolah PAUD di Kota Pekalongan, salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah dengan mengajukan bantuan melalui CSR CSR yang peduli dengan dunia pendidikan khususnya jenjang PAUD di Kota Pekalongan,sehingga kondisi sekolah tersebut bisa lebih bagus lagi.

“Saat ini kami sedang membuat kajian tersebut. Jika memang dari anggaran daerah terbatas, maka kami tengah berupaya menggandeng CSR yang kami harapkan ada kepedulian terhadap kualitas PAUD itu terutama di sekolah-sekolah yang pengelolaannya masih terbatas sarana dan prasarananya maupun pemenuhan SDM nya,” tandasnya.