SD Karangasem Utara Batang Siapkan Sarpras Jelang Vaksinasi

Batang - Menindaklanjuti perintah dari Bupati Batang Wihaji tentang rencana vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) segera berkoordinasi dengan seluruh SD untuk menyiapkan sarana prasarana (sarpras) penunjang.

Salah satunya komplek SD Karangasem Utara yang tengah sibuk menyiapkan sarpras menjelang pelaksanaan vaksinasi serentak.

Kepala SDN Karangasem Utara 3 Sukaryanto mengatakan, untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi serentak untuk pelajar kelas 1-6 SD, pihak sekolah telah mengedarkan surat persetujuan orang tua, agar putra-putrinya diizinkan untuk divaksinasi Covid-19.

“Hari ini kami mengedarkan surat untuk mendapatkan persetujuan dari orang tua. Jadi kami upayakan untuk menyiapkan segala sesuatunya, agar berjalan lancar,” katanya, saat mempersiapkan ruangan vaksinasi, di SDN Karangasem Utara 3, Kabupaten Batang, Selasa (4/1).

Ia telah berkoordinasi dengan para kepala sekolah di komplek SD Karangasem Utara.

“Di sini terdiri dari SDN Karangasem 1, 2, 3, 8 dan 9. Kami sudah koordinasi sejak tadi pagi,” terangnya.

Ia menerangkan, beberapa persiapan mulai dilakukan seperti pengaturan tempat vaksinasi, para siswa yang harus disiapkan baik fisik maupun mentalnya.

“Dimungkinkan tidak semua anak itu berani divaksinasi, tapi kami bersama rekan-rekan guru mengusahakan untuk memastikan bahwa vaksin itu tidak berdampak apapun, justru bermanfaat bagi kesehatan tubuh anak,” ungkapnya.

Ia memastikan, sarpras untuk memudahkan pelaksaan zoom meeting, pihak sekolah telah berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang.

“Jaringan internet sudah kami siapkan, tinggal dimanfaatkan untuk membantu proses zoom meeting besok,” tuturnya.

Ia mengharapkan, agar anak didiknya memiliki keberanian, semua memahami manfaat vaksinasi bagi imunitas tubuh.

Insya Allah berdampak luas untuk menekan penyebaran COVID-19, supaya semuanya kebal terhadap virus,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Batang Yuli Suryandaru menyampaikan, untuk mendukung launching vaksinasi anak serentak usia 6-11 tahun, Dinkes telah menyiapkan 6.300 dosis untuk 21 Puskesmas

“Setiap Puskesmas dapat melayani vaksinasi terhadap 300 siswa. Selanjutnya proses vaksinasi menyesuaikan jadwal dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) masing-masing,” tegasnya.

Selain vaksinasi serentak, rencanaya Bupati Batang Wihaji juga akan menggelar zoom meeting, maka perlu disiapkan sarpras yang didukung sepenuhnya oleh Diskominfo Batang.