Bupati Batang Launching Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang mulai melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun secara perdana. Bupati Batang Wihaji me-launching program itu dengan total jumlah sasaran 1.001 anak dari lima siswa SD atau sederajat yang divaksin wilayah Kelurahan Karangasem Utara.

“Kita lagi terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19. Salah satunya, dengan menggelar vaksinasi yang menyasar anak usia 6-11 tahun atau siswa SD sederajat, sehingga herd immunity masyarakat Kbisa tercapai dan siswa bisa belajar tatap muka 100 persen,” kata Wihaji usai me-launching vaksinasi anak di komplek SDN Karangsem Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Rabu (5/1).

Ia mengatakan, sebelum anak mendapat vaksin petugas vaksinator untuk memastikan screening kesehatan anak tidak bermalasah. Dari hasil laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) tidak ada satu pun risiko vaksinasi ini. Insyaallah vaksinasi COVID-19 aman.

“Vaksinasi anak juga digelar secara serentak tingkat SD sederajat se-Kabupaten Batang dengan jumlah terget sasaran 4.247 anak. Hari ini kita terjunkan 19 tim vaksinator dengan target sasaran vaksin 4.247 anak,” jelasnya.

Ia pun menyebutkan ada 47 tim yang akan diterjunkan untuk menyelesaikan tiga pekan kedepan dengan target sasaran 80.000 anak di Kabupaten Batang.

“Kita sudah atur jadwalnya agar bisa selesai dalam 3 minggu kedepan. Karena vaksinasi umum dan Lanjut usia (Lansia) untuk dosis kedua juga harus berjalan,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnuhardanto mengatakan, vaksinasi anak dilaksanakan dengan syarat capaian dosis pertama untuk umum 70 persen dari total sasaran 622 ribu orang.

“Adapaun untuk vaksinasi Lansia harus mencapai 60 persen dari total sasaran 68.888 orang.  Capaian vaksinasi, per hari ini sudah mencapai 71,47 persen untuk umum dan Lansia mencapai 65,47 persen. Sehingga kita launching atau mulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun,” terangnya

Ia juga menyebut jumlah target sasaran anak usia 6-11 tahun se-kabupaten Batang ada sekitar 80 ribu. Untuk hari pertama, jumlah yang divaksin mencapai 4.279 anak.

Pihaknya, lanjut dia, menggunakan vaksin Sinovac pada anak usia 6-11 tahun. Pelaksanaan vaksinasi anak juga wajib didampingi oleh orangtua.

Perlu di ketahui total SD di  Kabupaten Batang mencapai 454 sekolah dengan jumlah siswa 60.346 anak dan MI ada sebanyak 224 sekokah dengan jumlah siswa 18.124 anak.