Tahun Baru, PMI Kota Pekalongan Ajak Masyarakat Donor Darah

Kota Pekalongan - Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pekalongan mulai gencar mengajak instansi atau lembaga untuk menggelar kegiatan donor darah. Pada awal tahun ini PMI berusaha mencukupi kebutuhan stok darah, pasalnya setiap harinya dari rumah sakit mengambil 30 kantong darah di PMI.

Saat ditemui di sela-sela kegiatan donor darah, Rabu (5/1), Petugas Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (PPDDS) UDD PMI Kota Pekalongan Aji Putro mengajak masyarakat Kota Pekalongan untuk donor darah.

"Mari memulai tahun baru ini dengan berbagi, jika kita bisa dan mampu mendonorkan darah kita, ayo berdonor. Setidaknya darah kita bermanfaat dan dapat menyelamatkan orang lain," terang Aji.

Disampaikan Aji bahwa awal tahun ini sudah ada beberapa jadwal kegiatan donor darah yang digelar oleh instansi, kemaren digelar Kemenag Kota Pekalongan.

"Kami mendorong agar instansi di Kota Pekalongan melaksanakan kegiatan donor darah memperingati hari ulang tahun instansinya atau pada momen perayaan lain," kata Aji.

Disebutkan Aji, untuk stok darah per Rabu (5/1), yakni untuk Whole Blood (WB) atau darah lengkap A sebanyak 65, B sebanyak 60, 0 sebanyak 111, dan AB sebanyak 23. Kemudian untuk Packed Red Cell (PRC) yakni A sebanyak 8, B sebanyak 13, O sebanyak 8, dan O kosong. Selanjutnya stok Thrombosyte Concentrate (TC) yakni A sebanyak 2, B kosong, O sebanyak 1, dan AB kosong.