Bupati Aceh Barat "Groundbreaking" Pembangunan Jembatan Pengganti Ulee Raket

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan jembatan rangka baja Sawang Teube - Alue Peudeng tahap 1, Kamis (11/6).

Jembatan ini dibangun sebagai pengganti jembatan Ulee Raket di Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Aceh Barat Kurdi, dalam laporannya menyampaikan setelah bencana banjir yang mengakibatkan ambruknya jembatan Ulee Raket, pihaknya langsung mendapat instruksi dari bupati untuk segera melakukan pembangunan konstruksi baru.

Dikatakannya, jembatan tersebut akan dibangun dengan tiga tahap, dan pada tahap pertama dilakukan tahun ini dengan anggaran Rp13 miliar.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat Ramli MS berterima kasih kepada seluruh masyarakat di Gampong Sawang Teube dan Alue Peudeng karena telah menghibahkan tanah untuk pembangunan jembatan penghubung antara dua wilayah tersebut.

Ramli bercerita, ketika jembatan roboh, dirinya langsung menugaskan kepala Dinas Dinas PUPR Aceh Barat untuk mengevaluasi apakah jembatan tersebut bisa dibangun kembali di tempat semula atau tidak. Namun, tenaga ahli Universitas Syiah Kuala mengatakan tidak bisa dibangun di tempat semula karena kondisi alam di kawasan tersebut tidak memungkinkan untuk dibangun jembatan lagi.

"Akhirnya kami meminta bantuan tim teknis dari Unsyiah. Tim teknis mengatakan, bisa membangun kembali jembatan tersebut dengan syarat tidak dibangun di tempat semula" ujarnya.

Ramli berharap dengan selesainya pembangunan jembatan ini nantinya, masyarakat dapat menjadikan kawasan tersebut tempat wisata atau pasar.

"Jika perlu masyarakat dapat membeli tanah di sekitar jembatan untuk membangkitkan perekenomian setempat," ujarnya.