Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Sinergitas Stakeholder Sangat Dibutuhkan

Kota Pekalongan - Memperingati Hari Jadi ke-7, Rumah Sakit HA Zaky Djunaid bekerjasama dengan kelompok kerja (Pokja) Bunda PAUD Kota Pekalongan mengadakan seminar sebagai upaya peningkatan pendidikan keluarga dan peningkatan kapasitas pendidik terkait kesehatan dan tumbuh kembang anak di Hotel Dafam Pekalongan, Minggu (9/1).

Usia emas adalah usia yang dimana seorang anak dapat mengoptimalkan tumbuh kembang mereka, meliputi perkembangan fisik, perkembangan kemampuan struktur dan fungsi tubuh maupun perkembangan psikis sang anak. Kedua hal tersebut sudah menjadi kewajiban orang tua dan tenaga pendidik untuk memperhatikan dan melakukan upaya agar tidak terjadi keterlambatan perkembangan tumbuh kembang.

Hadir dalam seminar tersebut, Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggit Soraya  mengapresiasi kegiatan yang diadakan RS HA Zaky Djunaid, menurutnya dengan adanya seminar ini para orang tua dan tenaga pendidik bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan tambahan dalam melakukan upaya-upaya untuk menyiapkan pondasi dan mengoptimalkan tumbuh kembang pada anak.

Menurut Inggit, dilihat dari perkembangannya, kasus keterlambatan dan kelainan tumbuh kembang pada anak masih terhitung banyak, “Kasus keterlambatan dan kelainan tumbuh kembang pada anak saat ini masih banyak, ada anak yang stunting, ada anak yang depresi karena mengalami kasus kekerasan yang mengganggu kejiwaan yang sang anak,” kata Inggit.

Melihat masih ditemukannya kasus keterlambatan dan kelainan tumbuh kembang pada anak, Bunda PAUD mengajak orang tua, lembaga satuan pendidikan dan masyarakat untuk mencari tambahan pengetahuan atau informasi dan memperhatikan tumbuh dan kembang anak sejak dini sehingga jika ditemukan kasus tersebut, seorang anak mendapatkan penanganan intensif sejak dini.

“Mulai 1000 hari kelahiran anak harus sudah diperhatikan, anak-anak wajib mendapatkan hak-haknya, hak pendidikan, hak kesehatan dan hak perlindungan,” imbuh Inggit.

Sementara itu, Direktur RS HA Zaky Djunaid dr. Emy Widyarti menyampaikan narasumber yang hadir dalam seminar yaitu dr. Rendy Yoga spesialis anak dan dr. Yulianti spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dari RS HA Zaky Djunaid.

“Kami dari RS mengambil bagian dari usaha kesehatan, melalui seminar ini kami mencoba membantu masyarakat yang awam terhadap kelainan perkembangan anak sehingga mereka benar-benar mulai memperhatikan perkembangan anak-anak sejak usia dini,” pungkasnya.