Dinkes Aceh Barat Lakukan Rapid Test Massal

Aceh Barat - Dinas Kesehatan Aceh Barat melakukan rapid test massal kepada ratusan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat yang berlangsung di LABKESDA Aceh Barat Gampong Suak Ribee Kecamatan Johan Pahlawan, Kamis (11/6).

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Aceh Barat yang juga penanggung jawab pemeriksaan rapid test Cut Aman mengatakan pemeriksaan massal ini berlangsung selama dua hari pada 11-12 Juni 2020 dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah terhadap instansi dan masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Barat agar terhindar dari COVID-19.

"Dinkes Aceh Barat dan Gugus Tugas COVID-19 Aceh Barat berupaya dan mendukung sepenuhnya untuk membantu Pemkab dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi corona," katanya.

Pemeriksaan rapid test massal tersebut tidak hanya diperiksa dari kalangan instansi saja melainkan dari masyarakat juga dilibatkan agar dapat memastikan betul terhadap orang yang bersangkutan terdapat masalah COVID-19 atau tidak.

Lebih lanjut dalam pelaksanaan pemeriksaan rapid test massal tersebut Bupati Aceh Barat H. Ramli MS juga ikut dalam pemeriksaan rapid test diawali pemeriksaan suhu tubuh dan selanjutnya dengan mengambil sample darah oleh petugas Kesehatan.

Selain Bupati kegiatan tersebut turut dihadiri Pasi Pers Rem 012/TU Kapten Inf Suryana, Kasubag Dal Ops Res Aceh Barat AKP Rezki MZ, Kasi Survelent dan Imunisasi Aceh Barat (penanggung jawab Rapid Test) Cut Aman, Kadinkes Aceh Barat Syarifah Junaidah, Anggota Sekeretariat Gugus Tugas Covid-19 Aceh Barat Irsadi Aristora dan beberapa perwakilan masyarakat.

Adapun Intansi yang terlibat dalam pemeriksaan rapid test massal tersebut yakni Korem 012/TU, Kodim 0105 Aceh Barat, Polres Aceh Barat, PMI Aceh Barat, Distrasnaker Aceh Barat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Dinas Dukcapil Aceh Barat, Dinas Perdagangan Aceh Barat, Suzuya Mal Meulaboh dan Rumah Sakit Cut Nyak Dien. (Bidang IKP Diskominfo Aceh Barat)