Pemkab Pemalang Pelajari Pelayanan Informasi Publik Purworejo dan Sleman

Pemalang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pemalang melakukan studi tiru ke LPPL Irama FM Kabupaten Purworejo, dan media center Kabupaten Sleman, dalam rangka meningkatkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat, Rabu (12/1).

Studi tiru tersebut dilakukan oleh Diskominfo Pemalang guna belajar Iebih jauh mengenai regulasi dan pengelolaan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) secara murni dan pengelolaan media center.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan diterima oleh Plt Kadis Kominfo Purworejo selaku Ketua Dewan Pengawas LPPL Irama FM St2 Endah Srigati dan Direktur Utama LPPL Irama FM Purworejo Aji Wahyudi beserta jajarannya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang Yanuar Nitbani diwakili Sekdis Kominfo Joko Ngatmo selaku pimpinan rombongan studi tiru menjelaskan, kedatangannya ke LPPL Irama FM Purworejo untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan LPPL, termasuk kegiatan, kelengkapan dan payung hukum yang mendukung tercapainya pelayanan informasi publik kepada masyarakat.

Joko Ngatmo mengungkapkan, sejauh ini LPPL Pemalang belum mempunyai kelengkapan kelembagaan seperti Dewan Pengawas, dan Direksi, sehingga berpengaruh terhadap peran LPPL Pemalang dalam memberikan

pelayanan informasi kepada masyarakat.

Setelah mendapat banyak penjelasan terkait pemgelolaan LPPL secara Mandiri Joko Ngatmo yang dalam kunjungannya didampingi Kasubbag Umpeg, Rizki Yuliawan, Kasi Informasi Publik Jajuningsih dan Kasi Komunikasi Publik Widya Purwadi, mengaku senang karena sudah dapat gambaran lebih banyak lagi terkait pengelolaan maupun kelembagaan LPPL secara murni.

Sementara itu, Plt Kadis Kominfo Purworejo Stefanus Aan Isa Nugroho dalam kesempatan tersebut, mengungkapkan bahwa dengan sudah dikelolanya secara mandiri, secara sisi kelembagaan LPPL Irama FM lebih tertata.

Pihaknya mengaku lebih ringan dalam pelaksanaan tugasnya, sedangkan dari sisi anggaran pihaknya hanya memberikan dana hibah kepada LPPL Irama FM disetiap tahunnya, sementara untuk target 2024 ini LPPL Irama FM direncanakan menjadi radio Digital.

"Pengelolaan LPPL secara mandiri dari sisi kelembagaan lebih tertata," ujarnya.

Seusai saling bertukar cinderamata dan melakukan siaran dialog melalui LPPL Irama FM Purworejo, kunjungan dilanjutkan ke Kabupaten Sleman untuk studi tiru terkait pengelolaan website dan media center.

Di Kabupaten Sleman, eombongan diterima Kepala Diskominfo Sleman Eka Suryo Prihantoro, didampingi Kabid IKP Noor Hidayati dan jajarannya di Sleman Smart Room.