Pemkot Pekalongan Perkuat Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat memberikan pembinaan wawasan kebangsaan kepada para siswa MAN 1 Pekalongan, Senin (17/1).

Kegiatan pembinaan ini, dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin didampingi Kepala Kesbangpol Aprilyanto Dwi Purnomo, Kepala Sekolah MAN 1 Pekalongan Darumawan dan hadir sebagai narasumber, Kepala Staf Kodim Kota Pekalongan 0710 Mayor Inf Raji.

Dalam sambutannya, Salahudin menyampaikan, wawasan dan semangat kebangsaan harus terus ditanamkan kepada pelajar yang notabene merupakan generasi penerus bangsa, yang mana di usia mereka rentan terhadap pengaruh dari orang lain atau negara lain yang ingin merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Alhamdulillah kegiatan seperti ini sudah ditumbuhkan kembali, generasi penerus kita sangat perlu diberikan wawasan serta semangat kebangsaan, sehingga dapat mencegah pengaruh bahaya dari luar atau sebagian orang-orang dari dalam negeri yang ingin merongrong kesatuan dan persatuan bangsa,” ungkap Salahudin.

Lebih lanjut, Salahudin berpesan kepada para pelajar untuk dapat menyiapkan diri sebagai pribadi yang berkarakter baik, sehingga kedepan mereka dapat memberikan kontribusi yang baik kepada negara Indonesia dan Kota Pekalongan.

“Dengan berkarakter baik Insyaallah masa depan mereka bagus, jika masa depan mereka bagus dan sukses, negara otomatis akan sukses, ekonominya bagus, insyaallah situasi akan lebih mudah untuk dipersatukan,” pungkasnya.

Sementara itu, Mayor Inf Raji menerangkan, kegiatan ini bertujuan agar para pelajar lebih mengerti sikap apa saja yang mencerminkan bela negara di situasi yang damai seperti saat ini,

“Yang paling penting kepada anak-anak ini, yang akan saya tekankan nanti yaitu bela negara dalam keadaan damai seperti ini, kalau di dalam perang sudah jelas kita bersenjata, tetapi di sekolah mereka juga bela negara dengan disiplin, tepat waktu dan hormat kepada guru,” tandasnya.

Selaku Kepsek, Darumawan menyampaikan kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan kali ini diikuti oleh 50 siswa perwakilan dari kelas XI, XII dan XII.

“Mudah-mudahan perwakilan siswa yang hadir disini dapat mensosialisasikan kepada teman mereka apa yang sudah didapat dari kegiatan wawasan kebangsaan sehingga mereka semakin dapat memahami dan menerapkan sikap bela negara,” pungkasnya.