200 CPNS Kota Pekalongan Formasi 2019 Terima SK Pengangkatan

Kota Pekalongan - Sebanyak 200 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan Formasi 2019 menerima Surat Keputusan (SK) Pengangkatan sebagai PNS. SK PNS tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid, didampingi Wakil Wali Kota Salahudin, Sekretaris Daerah Sri Ruminingsih, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)  Anita Heru Kusomorini, di halaman Setda, Senin (17/1).

Wali Kota Pekalongan yang akrab disapa Aaf tersebut mengucapkan selamat kepada 200 CPNS Pemkot Pekalongan Formasi 2019 yang pada hari ini menerima SK PNS.

Menurutnya, ini adalah awal dari langkah baru sekaligus juga merupakan tanggung jawab yang baru usai perjalanan panjang yang telah dilalui, rangkaian seleksi yang panjang dan sempat tertunda akibat pandemi, pelatihan dasar yang harus dilakukan secara daring, momen hari ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. Seiring dengan perkembangan zaman, PNS tidak hanya dituntut untuk bisa bekerja keras, namun juga dituntut untuk bisa bekerja cerdas.

"Tuangkan ide-ide inovatif dan kreatif yang dimiliki untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis dan kompleks," harapnya.

''Besar harapan kami terutama Pemkot Pekalongan dengan tantangan ke depan adanya penguasaan IT , teknologi segala macam, mudah-mudahan mereka bisa membawa Kota Pekalongan ini lebih baik lagi ke depannya,” lanjut Aaf,

Aaf menekankan kepada para PNS baru ini, agar mereka mengubah mindset mereka bahwa, menjadi PNS bukan hanya sekedar mengejar gaji yang tinggi dan tunjangan yang besar serta uang pensiunan, tetapi lebih pada bagaimana etos kerja mereka betul-betul sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat itu yang lebih utama ditanamkan pada diri mereka. Tanamkan dalam diri untuk melestarikan budaya kerja yang luhur agar bisa bekerja secara Prima. Jadilah ASN yang BerAkhlak, yang mampu menerapkan core value ini dalam setiap sendi kehidupan.

"Jika tidak ada yang bisa djadikan contoh, maka jadilah contoh itu sendiri," ujar Aaf.

”Semuanya nanti bisa menyesuaikan,mudah-mudahan ini bisa menjadi keberkahan untuk Kota Pekalongan, mengingat dengan seleksi yang yang sulit dan para CPNS yang sudah sah menjadi PNS ini telah berhasil menyingkirkan beberapa kandidat yang lain, mereka yang terpilih ini betul-betul yang terbaik dan memenuhi standar profesional, memiliki etos kerja yang tinggi, jujur, dan disiplin,” tegas Aaf.

Ditambahkan Salahudin menambahkan, para CPNS yang baru saja diangkat sebagai PNS ini mayoritas diisi oleh millennial. Pihaknya juga berpesan kepada seluruh PNS baru ini agar senantiasa bekerja keras dan bertanggung jawab menjalankan tugas yang menjadi tupoksi pada masing-masing instansi tempat mereka ditugaskan.

“Alhamdulillah kita dapat suntikan semangat dari PNS baru yang mayoritas generasi muda, mudah-mudahan dengan pemimpinnya muda, ditambah SDM yang muda-muda juga, maka semangat etos kerja juga bisa tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun Kota Pekalongan yang lebih baik lagi,” pungkas Salahudin.

Pada kesempatan tersebut, selain menyerahkan SK Pengangkatan PNS, Pemkot juga memberikan tali asih untuk para ASN yang purna tugas sebagai wujud rasa terima kasih dan penghargaan atas pengabdiannya selama mengabdi di Pemerintah Kota Pekalongan.