Pemkab Mabar Luncurkan Vaksin Boster untuk Lansia

Labuan Bajo - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Dinas Kesehatan meluncurkan vaksinasi COVID-19 dosis lanjutan (Booster) untuk lansia dengan target 147 sasaran.

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng  memantau langsung launching vaksinasi booster bagi lansia di Kantor Camat Komodo, Labuan Bajo, Kamis (20/1) .

Kadis Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Paulus Mami menjelaskan, dosis boster adalah vaksinasi COVID-19 yang diberikan setelah seseorang mendapatkan dosis lengkap tahap satu dan keduua. Tujuannya adalah untuk memperkuat tingkat kekebalan dan memperpanjang masa perlindungan dan targetnya sebanyak 147 orang.

"Target sasaran vaksinasi dosis Boster hari ini sejumlah 147 orang dengan rincian lansia 80 orang, unsur Polri 20 orang, TNI AD 37 orang dan TNI AL sebanyak 10 orang," katanya.

Paulus Mami menambahkan, terkait progres pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tingkat kabupaten Manggarai Barat sudah menyentuh pada angka 83,5 persen untuk dosis pertama dari seluruh sasaran target

"Berdasarkan data per 19 Januari kemarin pencapaian vaksinasi COVID-19 tahap satu tingkat Kabupaten Manggarai Barat sudah mencapai angka 83,5 persen atau 169.382 orang, sementara untuk dosis kedua sudah mencapai 56,7 persen atau 114.911 orang," terang Paulus Mami.

Sementara itu, progres vaksinasi COVID-19 khusus untuk lansia lanjut kadis kesehatan sampai dengan saat ini 75,4 atau sebanyak 12.869 orang untuk dosis pertama, sementara dosis kedua 57 persen atau sebanyak 9.725 orang.

Lebih lanjut dijelaskannya, pemberian dosis booster ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk masyarakat Manggarai Barat. Sedangkan jarak pemberian vaksin ini minimal 6 bulan dari dosis 2 dengan kriteria sasaran usia 18 tahun keatas, untuk lansia dan kelompok rentan.