Binda Sumsel Gelar Vaksinasi Booster di OKU 26 Januari

Baturaja -  Badan Intelijen Nasional (BIN) daerah Sumatera Selatan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan menggelar vaksinasi dosis ketiga atau booster pada 26 Januari di Gedung Kesenian Baturaja.

Kaposda OKU Raya Slamet Wibowo, Selasa (25/1), mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat dengan Pemerintah Daerah OKU.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi tahap tiga ini pihaknya menyiapkan dua jenis vaksinasi, diantaranya vaksin AstraZeneca sebanyak 950 dosis dan Pfizer 4.226 dosis," ujarnya.

Ia mengatakan, ribuan dosis vaksin disiapkan dan disebar di fasilitas-fasilitas kesehatan layanan vaksinasi di wilayah OKU.

"Untuk launching vaksinasi booster yang direncanakan pada 26 Januari ini disiapkan 1.000 dosis vaksin. Sisanya disebar di fasilitas-fasilitas kesehatan layanan vaksinasi,” jelasnya.

Ia mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi booster yang akan diadakan.

"Sasarannya usia 18 tahun ke atas. Syaratnya antara lain sudah dilakukan vaksinasi tahap pertama dan ke dua. Dan jarak vaksinasi terakhir selama 6 bulan," ujarnya.

Sementara itu, Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra, mengatakan OKU sudah memenuhi syarat untuk melakukan vaksinasi booster, dimana minimal capaian vaksinasi 70 persen untuk masyarakat umum dan 60 persen lansia yang sudah tercapai.

“Pemberian vaksinasi booster ini diutamakan untuk lansia dan masyarakat dengan kondisi khusus. Vaksinasi booster dapat diberikan bagi mereka yang sudah divaksin lengkap yakni tahap satu dan dua. Jaraknya pun harus sudah 6 bulan pascavaksinasi kedua,” pungkasnya.