Pemkab Jayapura Siapkan Stadion SBY Tampung Pasien COVID-19

Sentani - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, menyiapkan Stadion Barnabas Youwe (SBY) sebagai salah satu fasilitas untuk mendukung penanganan pasien COVID-19.

"Stadion Barnabas Youwe sebagai alternatif kedua untuk menampung pasien COVID-19 di wilayah Kabupaten Jayapura," kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw di Sentani, Selasa (16/6).

Bupati mengatakan, Pemkab Jayapura sebelumnya juga telah menyiapkan wisma atlet yang berlokasi di Doyo Baru sebagai salah satu tempat untuk pasien COVID-19.

Orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu menegaskan bahwa dua fasilitas olahraga tersebut siap digunakan oleh pemerintah sebagai upaya mengantisipasi lonjakan jumlah pasien COVID-19 di Kabupaten Jayapura.

"Sebelumnya kita sudah siapkan wisma atlet dan sekarang disiapkan Stadion SBY untuk mengantisipasi lonjakan pasien COVIS-19," kata Mathius.

Lanjut bupati, dua fasilitas tersebut disiapkan oleh pemerintah mengingat saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Jayapura terus mengalami peningkatan. Apalagi ada lebih dari 1.000 warga yang saat ini sedang antre menunggu hasil swab tenggorokan di Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Papua, dimana sebelumnya mereka sudah melakukan rapid test dan dinyatakan reaktif.

"Harapan kita hasil PCR warga ini negatif," harap Bupati Mathius.

Ditambahkannya, dua fasilitas tersebut akan digunakan untuk menampung pasien dengan kategori sakit ringan, sedangkan Rumah Sakit Daerah Yowari khusus untuk perawatan pasien yang benar-benar positif dan dalam kondisi parah.

"Jika terus mengalami peningkatan, konsekuensinya rumah sakit pasti mengalami over kapasitas sehingga harus ada beberapa tempat yang harus disiapkan menampung pasien COVID-19," tambahnya.