Bupati Mabar Lantik 145 Kepala SD-SMP

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi melantik 109 Kepala SD dan 36 Kepala SMP Lingkup Kabupaten Manggarai Barat. Pelantikan tersebut dilaksanakan di aula kantor Bupati Manggarai Barat, Selasa (25/1).

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan 145 Kepala Sekolah tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Manggarai Barat Nomor: BKPSDMD/627/I/2022, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam jabatan Kepala Sekolah Dasar dan Kepala Sekolah Menengah Pertama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam sambutannya mengajak seluruh kepala sekolah yang telah dilantik untuk melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

"Jabatan Kepala Sekolah itu adalah tugas tambahan. Tugas utamanya adalah sebagai pendidik. Laksanakan tugas tambahan tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab, dengan etos kerja yang besar. Sehingga mimpi sukses akan kita capai," kata Bupati Edi Endi.

Bupati Edi Endi mengatakan, saatnya mulai bergerak dan bangkit, untuk mengejar ketertinggalan yang dialami.

"Saya percaya bapak dan ibu yang hari ini dilantik, adalah orang-orang hebat dan pilihan yang akan mampu mengantarkan sektor pendidikan ini ke arah yang lebih baik, kompetitif dan bermutu,” ucapnya.

Bupati mengingatkan, para kepala sekolah dalam mendidik siswa yang pertama adalah akhlaknya kemudian budi pekertinya. Ia meyakini kalau itu sudah dijalankan akan melahirkan generasi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan siapapun.

“Kabupaten Manggarai Barat menitipkan anak bangsa ke tangan bapak dan ibu sekalian. Didiklah mereka yang pertama adalah ahlaknya dan budi pekertinya. Kalau itu sudah dijalankan saya yakin generasi mendatang adalah generasi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan siapapun, baik dengan sesama anak bangsa maupun dari luar negeri,” ungkap Bupati bumi Komodo tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan, setiap orang dituntut untuk memiliki tanggung jawab dalam membangun pendidikan yang lebih baik, pendidikan yang merata dan berorientasi pada mutu. Hal ini wajib dilaksanakan, mengingat pendidikan sangat penting bagi bangsa dan daerah.

"Pendidikan sangat penting, maka di dalam RPJMD Kabupaten Manggarai Barat 2021-2026, pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi prioritas yang ditempatkan sebagai misi kedua dari rencana jangka menengah Manggarai Barat," tandasnya.

Bupati berharap selain guru, masyarakat juga memiliki tanggung jawab untuk memotivasi dan menciptakan iklim yang kondusif bagi proses belajar anak-anak. Pemda memiliki tanggung jawab untuk menciptakan tata kelola pendidikan yang lebih baik.

"Jika tiga pilar tersebut bersinergi maka aman dan sejateralah bangsa ini, karena generasi kedepan akan diisi oleh anak bangsa yang berkualitas dan berdaya saing," tegas Edi Endi.

Kepada para kepala sekolah, Bupati Edi Endi meminta untuk bekerja cerdas, brilian, jujur dan transparan dalam menjalankan tugasnya , dalam rangka memajukan sektor pendidikan di daerah destinasi super prioritas ini.