Menteri ATR Apresiasi Kepala Daerah Bebaskan BPHTB

Muara Enim - Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia (RI) Sofyan A. Djalil membuka rapat virtual kegiatan Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022, di Jakarta, Kamis (27/1).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian ATR / BPN RI yang telah mendukung penuh upaya Pemerintah Daerah (Pemda) dan juga ucapan terima kasih atas apresiasi Kementerian ATR / BPN RI kepada Pemda yang telah menyelesaikan terkait masalah pertanahan baik aset masyarakat, Pemda, dan stakeholder agar aset pertanahan menjadi lebih tertib.

Menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Asarli Manudin bahwa Pemkab Muara Enim mendukung penuh upaya Pemerintah Pusat dalam menuntaskan sebaik - baiknya untuk membantu masyarakat, dan stakeholder supaya aset pertanahan menjadi lebih tertib.

"Terima kasih dan apresiasi kepada kepala daerah baik Gubernur dan Bupati / Walikota yang telah membebaskan BPHTB untuk pendaftaran tanah pertama sehingga pengeluaran sertifikat bisa berjalan secara baik dan cepat," ucap Menteri ATR / BPN RI Sofyan A. Djalil.

Sofyan melanjutkan, pihaknya daat ini sedang melakukan program desa lengkap di seluruh Indonesia dalam rangka menciptakan pendaftaran seluruh tanah secara lengkap.

"Saat ini sudah ribuan desa terutama di Jawa telah menjadi desa lengkap, artinya setiap persil tanah yang ada di desa tersebut sudah didaftarkan. Dengan demikian batas desa jadi jelas, tidak ada lagi sengketa batas desa sehingga data pertanahan jadi sangat bagus," pungkasnya.