Anggota Kodim 0736/Batang Divaksinasi Booster

Batang – Anggota Kodim 0736/Batang mulai serentak mendapatkan vaksinasi booster atau dosis ketiga sebagai bentuk perlindungan diri penyebaran COVID-19 terutama varian Omicron, di Klinik Kartika Pratama, Kelurahan Kasepuhan, Kabupaten Batang, Rabu (2/2).

Kapuskes Klinik Kartika Pratama 36/Batang Peltu Asmuni menyampaikan, jenis vaksin yang diberikan adalah Astrazeneca.

“Dengan diberikannya vaksinasi ini, akan terbentuk herd immunity atau kekebalan tubuh untuk melawan virus tersebut. Apalagi saat ini sudah ada varian baru yang dinamakan Omicron, jadi kita harus tetap waspada,” jelasnya.

Ia menjelaskan, sebelum diberikan suntikan vaksinasi dosis ketiga seluruh anggota juga dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, guna memastikan apakah kondisi daya tubuh mereka layak disuntik vaksin hari ini atau harus ditunda.

“Setelah cek tekanan darah dan semua prosedur dinyatakan lulus, barulah diberikan suntikan vaksinasi dosis ketiga,” tuturnya.

Ditemui secara terpisah, Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra mengungkapkan, vaksin booster disuntikkan terhadap personel Kodim beserta Koramil jajaran, meliputi para Perwira Staf, para Danramil dan anggota militer maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah mendapatkan vaksin primer dosis 1 dan 2 minimal 6 bulan sebelumnya.

Vaksinasi Booster diberikan untuk meningkatkan imunitas anggota dari paparan COVID-19. Selain itu untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 maupun varian baru yang muncul yaitu Omicron.

“Apalagi Babinsa yang berjibaku langsung dengan warga yang terpapar COVID-19, oleh karenanya penting bagi mereka untuk mendapatkan vaksinasi ini, untuk memperkuat vaksin dosis 1 dan dosis 2,” pungkasnya.