Pemkot Tomohon Gelar Rakor Penyusunan LPPD 2021

Tomohon - Wali Kota Tomohon yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Edwin Roring membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Grand Master Resort Tomohon, 2-4 Februari 2022.

Wali Kota Tomohon, dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekot Tomohon, meminta seluruh perangkat daerah untuk proaktif dan serius dalam mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam rangka penyusunan LPPD Kota Tomohon 2021.

"LPPD merupakan salah satu indikator evaluasi pemerintah pusat akan jalannya roda pemerintahan yang ada baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota. Apabila hasil evaluasi pemerintah terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah tidaklah mengalami peningkatan selang waktu tiga tahun berturut-turut maka daerah tersebut akan disatukan kembali dengan daerah tetangga. Oleh karena itu dalam hal penyusunan LPPD Kota Tomohon 2021 yang disusun di tahun ini, janganlah dipandang sebelah mata, melainkan perlu ditindaklanjuti dengan penuh keseriusan dan paripurna serta didukung sepenuhnya oleh seluruh jajaran Pemkot Tomohon," ujarnya.

Selain itu, tambah sekot, LPPD ini menjadi tolok ukur dari pemerintah pusat untuk menilai tingkat kemampuan setiap daerah dengan menggunakan sistem pengukuran kinerja serta indikator-indikatornya. dimana pengukuran dan indikator kinerja tersebut akan dipakai untuk membandingkan antar daerah satu dengan yang lainnya.

"Dengan angka rata-rata secara nasional untuk masing-masing tingkatan pemerintahan atau dengan hasil tahun-tahun sebelumnya untuk masing-masing daerah. oleh karena itu, perlu diketahui bahwasanya LPPD ini merupakan bahan evaluasi dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh pemerintah pusat," ujarnya.

"Jadi apabila kita tidak memenuhi penyampaian LPPD ini sesuai dengan ketentuan maka akan berdampak pada hasil penilaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah secara keseluruhan, dan ada penerapan sanksi bagi daerah yang tidak memasukkan LPPD tepat waktu yakni sanksi berupa teguran tertulis dari gubernur bahkan lebih parah lagi kepala daerahnya akan diikutkan dalam program pembinaan khusus pendalaman bidang pemerintahan yang dilaksanakan oleh Kemendagri Menyadari betapa pentingnya penyusunan LPPD ini," tegasnya.