Plh Bupati OKU Minta Pemdes Kreatif Gali Potensi

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Chandra mengingatkan Pemerintah Desa (Pemdes) harus memiliki kreativitas untuk mengembangkan potensinya, baik itu di bidang pariwisata, budaya, kuliner maupun UMKM dan kerajinan lokal.

“Di Kabupaten OKU ini ada sebanyak 143 Desa. Masing-masing pastinya memiliki keunggulan. Gali hal ini kembangkan hingga menjadi produk unggulan Desa,” kata Edward saat menghadiri Musrenbang di Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya, Rabu (3/2).

Edward menekankan keyakinannya jika desa memiliki ciri khas khusus dengan program unggulan yang dikembangkan maka, desa tersebut akan berkembang dengan baik. Bahkan menjadi nilai jual tersendiri, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Pastinya untuk mencapai hal ini, tambah dia, pemerintah desa harus merangkul berbagai lapisan, duduk bersama dengan PKK, masyarakat serta organisasi kepemudaan yang ada di desa.

“Harus Kompak. Tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Untuk Dinas PMD OKU juga harus mendorong hal ini agar desa-desa yang ada di Kabupaten OKU ini bisa mengembangkan potensi yang ada,” ujarnya.

D isamping itu, Plh Bupati OKU mengatakan, di desa ini ada namanya ADD dan juga bantuan dari gubernur, namun terkadang tidak cukup untuk mengkaper semua yang diinginkan desa. Maka dari itu dalam pembangunan tetap mengedepankan skala prioritas yang dapat menyentu langsung masyarakat.

Untuk menyikapi hal ini, diharapkan Edward, desa tidak hanya mengandalkan sumber dana ini saja. Pemerintah desa bisa mengembangkan yang namanya BUMDes.

“Sekali lagi saya ingatkan tetap harus merangkul masyarakat desa. Sampai ke pemuda Desa. Yakinlah jika BUMDes bisa berkembang dengan baik maka Desa ini bisa maju dan mandiri kedepan,” pungkasnya.