Dinkes Kota Pekalongan Beri Layanan Kesehatan di Posko Banjir

Kota Pekalongan - Dinas Kesehatan Kota Pekalongan melalui Puskesmas Tirto memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan kondisi kesehatan dan pemberian obat gratis kepada para pengungsi banjir di Aula Kelurahan Tirto, TPQ Al Hikmah Tirto, dan Aula Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Senin (7/2).

Dengan difasilitasi perahu karet oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, karena akses masuk jalan yang terendam sekitar 40-70 sentimeter, tim medis dari Puskesmas Tirto mendatangi secara langsung tempat pengungsian.

Data pengungsi update Senin siang pukul 12.00 WIB, sebanyak 171 orang yakni 63 pengungsi di Aula Kelurahan Tirt, 105 pengungsi di TPQ Al Hikmah Tirto, dan 3 pengungsi di Aula Kecamatan Barat.

Terpisah, Petugas Sanitasi Lingkungan, Rinto mengungkapkan bahwa, pelayanan kesehatan berupa Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) perlu diberikan kepada warga yang terdampak banjir yang tengah mengungsi.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan para pengungsi baik-baik saja sekaligus mencegah munculnya penyakit yang lebih parah yang timbul akibat bencana banjir," kata Rinto.

Disebutkan dia, layanan kesehatan P3K yang diberikan yakni pemeriksaan penyakit pasca banjir seperti batuk, pilek, nyeri, gatal-gatal, pengecekan tensi, dan sebagainya.

"Kami juga memberikan sejumlah vitamin dan obat-obatan sesuai keluhan para pengungsi," tandas Rinto.

Rinto berpesan kepada para pengungsi agar senantiasa menjaga kesehatan dan protokol kesehatan, pasalnya pandemi belum berakhir dan masih ada kasus COVID-19 di Kota Pekalongan.