Dinas KKOP Banjar Seleksi Kelompok Usaha Pemuda Produktif

Martapura - Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banjar kembali melaksanakan seleksi Kelompok Usaha Pemuda Produktif (KUPP) tahun 2022. Hal ini disampaikan oleh Kepala Disbudporapar Kabupaten Banjar Haris Rifani, melalui Kabid Kepemudaan, Noor Syawli Syahri, di Martapura, Selasa (8/2).

Menurut Syawli, seleksi ini tindak lanjut dari Surat Kepala Disporaprov Kalsel tentang adanya pemberian Bantuan Pengembangan Sarana Kewirausahaan Pemuda kepada 48 KUPP dan 10 KUPP Penyandang Disabilitas dengan berdasarkan proposal yang diajukan dan penilaian terhadap usaha yang dijalankan selama minimal 2 tahun. Di mana setiap dinas kabupaten/kota yang membidangi Kepemudaan mengirimkan maksimal 5 proposal dari KUPP dan 3 proposal KUPP penyandang disabilitas.

Syawli menjelaskan, ketentuan umum yang disyaratkan adalah Penduduk Kabupaten Banjar berusia 16-30 tahun (pada 28 Oktober 2022), mempunyai usaha perorangan/kelompok yang sudah berjalan minimal 2 tahun, dibuktikan dengan Surat Izin Usaha/Surat Keterangan dari Desa/Kelurahan.

”Jenis usaha tidak melanggar peraturan perundang-undangan, belum pernah mendapatkan penghargaan sejenis dari Disporaprov Kalsel, dan tidak sedang/akan mengikuti program/kegiatan yang dilaksanakan Disporaprov Kalsel khususnya di bidang kepemudaan, misalnya Pemilihan Pemuda Pelopor, Pepelingasih dan lainnya,” ujarnya.

Untuk kelengkapan dokumen bisa dilampirkan dalam proposal, yakni fotokopi KTP Ketua KUPP dan anggota beserta biodata masing-masing, Surat Izin Usaha/Keterangan dari Desa/Kelurahan, rekomendasi dari dinas kabupaten/kota, dokumentasi/foto usaha, dan sertifikat pelatihan yang pernah diikuti.

” Waktu pelaksanaan seleksi berlangsung sampai 28 Oktober, sekaligus nantinya penyerahan penghargaan pada acara puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda,” katanya.

Dengan tahapan, Februari-April pendaftaran pengumpulan proposal,  di minggu ke-1 dan ke-2 bulan Mei survey lapangan oleh dinas kabupaten/kota, minggu ke-3 dan ke-4 sudah ada penetapan KUPP yang lolos ke provinsi,  akan disurvey oleh Disporaprov Kalsel di Juni-Juli 2022.

"KUPP terbaik akan ditetapkan pada Agustus-September oleh Disporaprov Kalsel dan berhak menerima bantuan Rp10 juta serta sertifikat penghargaan. Pendaftaran sudah dibuka dan silakan ke Kantor Disbudporapar Banjar di Jalan Pendidikan, Sekumpul Martapura,” tutup Syawli.