Calhaj Batang Makin Mudah Perpanjang Paspor Lewat Eazy Pasport

Batang – Calon jamaah haji (Calhaj) Kabupaten Batang makin mudah ketika akan memperpanjang paspor, karena Kantor Imigrasi Pemalang kini membuka layanan jemput bola atau Eazy Paspor di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah (PLHUT).

Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Batang Lutfi Hakim mengatakan, Kantor Kemenag Batang memberikan kesempatan kepada para Calhaj yang dimungkinkan akan berangkat tahun ini, untuk memperpanjang paspor. Hal itu merupakan bagian dari kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi sebelum berangkat ke Tanah Suci.

“Kami melakukan pemotretan Calhaj khusus untuk perpanjangan bagi yang paspornya telah kadaluwarsa,” katanya saat ditemui di Gedung PLHUT Kantor Kemenag, Kabupaten Batang, Rabu (9/2).

Ia menerangkan, poses pemotretan bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Pemalang melalui program Eazy Pasport. Ada 25 Calhaj yang paspornya kadaluwarsa. Rata-rata mereka memiliki paspor sebelum tahun 2023.

“Jadi calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci harus memiliki paspor yang masih berlaku,” jelasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data ada 717 Calhaj yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci sejak tahun 2020.

Staf Pelayanan Dokumen Perjalanan, Kantor Imigrasi Pemalang Arif Sugiarto menerangkan, pelayanan Eazy Pasport dilakukan di seluruh instansi pemerintah se-Eks Karesidenan Pekalongan.

“Layanan Eazy Pasport tidak hanya diberikan kepada Calhaj, tapi juga bisa pada sekolah maupun pondok pesantren serta perbankan, dengan jumlah mininal 15-25 orang,” ungkapnya.

Bagi masyarakat yang ingin memperpanjang paspor cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp350 ribu.

“Untuk perpanjangan paspor Calhaj, kami sudah memberikan pelayanan di Kantor Kemenag Batang, Pondok Pesantren di Kota Pekalongan dan wilayah lain di eks Karesidenan Pekalongan,” pungkasnya.