Terima Kunjungan Zulkifli Hasan, Bupati Pemalang Kenalkan Produk dan Program Unggulan

Pemalang – Ada yang menarik saat Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menerima kunjungan Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di Ruang Pringgitan Rumah Dinas Bupati, Rabu (9/2).

Agung mengenakan sarung khas Pemalang, atau biasa disebut sarung goyor. Sarung khas Pemalang tersebut dilipat dan dipakai sampai sebatas lutut untuk melapisi celana panjangnya, mirip adat Melayu.

Bukan tanpa alasan Agung berpakaian seperti itu, saat ditanya Zulkifli Hasan, Bupati Pemalang itu memberi penjelasan bahwa sebagai salah satu produk unggulan, sarung goyor telah banyak dijual ke berbagai daerah bahkan luar negeri. Tapi untuk warga Pemalang sendiri masih jarang yang menggunakannya dalam keseharian.

“Tetapi kami masih melihat pemakaian di daerah sendiri, ataupun merasa memilikinya masih terbatas. Untuk itu saya memulai dari diri saya sendiri memakai kain (red-sarung goyor) seperti ini,” terang Agung.

“Walaupun saya tidak menyampaikan, saya tidak mewajibkan dan mengharuskan memakai seperti ini, saya kira nanti OPD (red-organisasi perangkat daerah) atau warga masyarakat akan mengerti sendiri bahwa ayo kita sama-sama memulai rasa memiliki apa yang menjadi produk-produk yang ada di Kabupaten Pemalang,” lanjutnya.

Tantangan lain yang dihadapi untuk memasarkan produk Pemalang adalah belum melekatnya identitas Pemalang pada produk-produk yang dihasilkan. Agung memberi beberapa contoh seperti yang terjadi pada produk konveksi celana jins, buah manga istana, nanas madu dan sapu glagah yang lebih sering diasosiasikan sebagai produk dari daerah tetangga.

Selain berpromosi produk daerah, kunjungan Wakil Ketua MPR RI itu juga digunakan Agung meminta dukungan dalam pelaksanaan visi misi dan program unggulan Pemalang yaitu Pemalang Aman (Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni) dan program unggulan seperti Dewi (Desa Wisata), Dedi (Desa Digital), Desi (Desa Sinergi) dan koin (Kota Industri).

“Program-program kami dan juga visi akan dapat tercapai apabila mendapat dukungan, dan juga pertisipasi dari seluruh warga masyarakat Kabupaten Pemalang termasuk warga Muhammadiyah,” ungkap Agung.

Mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah diterima di Kabupaten Pemalang, Zulkifli Hasan kemudian memuji Bupati Agung.

“Bupatinya masih muda, rendah hati dan visioner, kami bahagia telah disambut baik dan ramah di Pemalang,” ungkap Wakil Ketua MPR RI dari PAN tersebut.

“Saya doakan Bupati sukses memimpin Kabupaten Pemalang lebih baik lagi dan maju lagi,” sambung Zulkifli yang hadir di Pemalang didampingi sejumlah pimpinan PAN, baik dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP), maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Pemalang.

Adapun kunjungan Zulkifli ke Kabupaten Pemalang adalah dalam rangka silaturahmi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kab. Pemalang, serta pembekalan dan konsolidasi DPD Kab. Pemalang, sekaligus peresmian kantor DPD PAN Kab. Pemalang.