Pemkot Surakarta Gencarkan Penyediaan Ruang Publik

Solo – Pemerintah Kota Surakarta menyediakan berbagai ruang publik yang dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat tanpa dipungut biaya apapun. Ruang publik tersebut disediakan sebagai perwujudan upaya pemerintah kota untuk menyediakan tempat interaksi, rekreasi bahkan dapat dimanfaatkan untuk menjaga kebugaran.

Beragam ruang publik itu juga tersedia berbagai bentuk. Ada yang memang tersedia jogging track, rindang dilengkapi fasilitas bermain anak bahkan beberapa diantaranya dilengkapi dengan perpustakaan.

Ruang publik yang cukup dikenal luas di Solo dan menjadi rujukan masyarakat dari beragam usia salah satunya Taman Cerdas Jebres. Lokasi Taman Cerdas Jebres tepatnya berada di jalan Ki Hajar Dewantara RT 02 RW 25, Jebres, Kota Surakarta.

Ada empat gedung dengan tiap gedungnya tersedia fasilitas beragam. Mulai dari perpustakaan yang dilengkapi komputer dan internet, ruang serbaguna, ruang pendampingan edukasi anak, dan fasilitas ruang audio.

“Kami menyediakan fasiltas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Misalnya, latihan pambiwara atau membawa acara dalam Bahasa Jawa, yang kemudian kita lombakan. Ini terbuka untuk semua kalangan,” kata Hari Sapto, pengelola Taman Cerdas Jebres, Kamis (10/2).

Taman ini dibangun konsep ruang terbuka hijau ramah anak yang didirikan diatas tanah seluas 3.000 meter pada tahun 2014 lalu.

Di Taman Cerdas Jebres juga ada gazebo, taman dengan beberapa tokoh pewayangan, patung dinosaurus dan masih disediakan berbagai tempat permainan anak di ruang terbuka.

Tidak sedikit PAUD dan SD yang memfaatkan fasilitas di Taman Cerdas Jebres untuk pembelajaran bagi siswanya melalui outing class.

“Pada Lomba Hari Habitat 2016, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan apresiasi atas pengelolaan Taman Cerdas Jebres dengan menempatkan sebagai juara 1 dalam kategori yang temanya Ruang Terbuka Hijau,” imbuh Sapto.

Tak heran, tempat ini jadi rujukan masyarakat dari Solo dan sekitarnya yang memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada. Beberapa kelompok anak usia tertentu kadang berlatih tari, berlatih gamelan, maupun kesenian lain.

Taman Cerdas Jebres hanyalah salah satu dari beberapa taman cerdas yang dimiliki Kota. Ruang publik yang disediakan serta dapat dimanfaatkan bersama ini diharapkan mampu dijaga sehingga masyarakat tak perlu mengeluarkan uang bila ingin berekreasi, sekedar menghabiskan waktu maupun menghilangkan kepenatan.