Plh Bupati OKU Buka Musrenbang Kecamatan Pengandonan 2023

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pengandonan tahun 2023 di Gedung Serbaguna Kecamatan Pengandonan, Rabu (9/2).

Camat Pengandonan Oktaria Rosalina menyampaikan bahwa peserta Musrenbang Kecamatan Pengandonan ini terdiri dari para Kepala Desa, FKBD serta delegasi musrenbang di Kecamatan Pengandonan yang berjumlah 12 desa.

Camat Pengandonan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plh Bupati OKU beserta rombongan yang menyempatkan diri hadir pada Musrenbang.

"Musrenbang ini akan merangkum semua yang dibutuhkan dari usulan-usulan yang telah dibuat pada Musyawarah Perencanaan Tingkat Desa (Musrenbangdes) yang telah dilaksanakan oleh setiap desa sebelumnya di Kecamatan Pengandonan ini. Dan pada Musrenbang hari ini usulan-usulan yang telah di buat akan diterangkan dan diharapkan usulan tersebut dapat terealisasi di tahun 2023 mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Edward Candra menyampaikan bahwa Musrenbang pada hari ini merupakan suatu proses dari perencanaan pembangunan yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tingkat Desa atau Musrenbangdes yang melibatkan tokoh masyarakat dan pemerintah desa dan BPD di Kecamatan Pengandonan.

"Proses ini sangat penting karena usulan-usulan yang berasal dari Desa dan dari masyarakat tentulah sesuai dengan pokok persoalan yang ada di desa tersebut, yang artinya menjadi prioritas dan menjadi kebutuhan masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Edward Candra juga menyampaikan bahwa pembangunan ini dapat merata di masing-masing desa walaupun hanya beberapa yang terealisasi tetapi paling tidak dapat dirasakan masyarakat di di desa tersebut.

Setelah Musrenbang tingkat Kecamatan ini selanjutnya akan masuk dalam perencanaan tingkat Kabupaten yaitu Forum SKPD dan pada forum ini Pemerintah Kecamatan Pengandonan sudah mengantongi pembangun prioritas yang telah diusulkan sebelumnya, baik itu dalam skala kebutuhan secara umum dalam rangka pengembangan di tingkat Kecamatan maupun usulan-usulan dari setiap desa di Kecamatan Pengandonan yang menjadi prioritas.

Maka dari itu penting untuk mengkoordinasikan usulan yang telah di buat pada Forum SKPD nanti agar bisa diakomodir oleh OPD yang terkait.

Adapun basis dari perencanaan pembangunan ini adalah bersumber dari data untuk itu data harus sesuai dan selalu di-update, sehingga ini dapat membantu perencanaan yang akurat dan jalannya Pemerintahan yang baik dengan adanya data-data yang lengkap dan valid sesuai dengan visi Kabupaten OKU.