Peringatan HPN 2022, Ketua DPRD Demak Minta Media Sajikan Fakta

Demak - Media banyak berperan untuk kemajuan bangsa, oleh karena itu isi berita harus benar-benar sesuai fakta, update dan dapat dipertanggungjawabkan, serta jangan membuat berita sepihak, tapi ada konfirmasi terlebih dahulu atau cover both side.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet (FBS) pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Kabupaten Demak, Rabu (9/2), di Aula Radio Suara Kota Wali (RSKW).

“Jaga kualitas pemberitaan sehingga masyarakat percaya terhadap media. Beritakan hal-hal yang benar bukan berita pesanan. Kalau jurnalis bekerja dengan baik maka akan menghasilkan sesuatu yang baik,” tambah FBS, sapaannya.

Melalui peringatan HPN kali ini, FBS mengajak seluruh awak media yang bekerja di Demak bisa bersinergi dengan semua unsur masyarakat serta berperang melawan berita bohong atau hoaks.

“Mari kawan-kawan, di HPN kali ini, media bisa berperang melawan hoaks," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Demak Eisti’anah mengajak para awak media agar bekerja secara profesional dan sesuai kode etik jurnalistik.

“Selamat hari pers. Wartawan garda terdepan untuk menjadi jembatan informasi," ujarnya.

Menurutnya, insan pers banyak membantu Pemerintah Kabupaten Demak, terutama dalam hal publikasi pembangunan dan banyak berperan mensosialisasikan dan kampanye anti hoaks.

“Profesional wartawan dengan memberikan informasi kepada masyarakat pemberitaan yang positif dan edukatif. Memberikan informasi yang aktual,update dan benar. Beritakan yang sebenar-benarnya dan berimbang,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati Esti menegaskan bahwa Pemkab Demak bisa bersinergi dan bekerjasama dengan awak media untuk memberikan masukan- masukan guna kemajuan daerah kedepan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Sekda Demak Singgih Setyono serta Para Asisten, Kadinkominfo, Kabag Prokompin, awak media dan tamu undangan lainnya.