Pemkot Pekalongan Sudah Distribusikan 20.150 Vitamin A

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan setempat telah menyiapkan 20.150 vitamin A ke seluruh puskesmas di Kota Pekalongan yang akan didistribusikan ke posyandu-posyandu. Pasalnya bulan Februari ini adalah Bulan Vitamin A, dimana para balita dan anak diminta untuk mengonsumsi vitamin A.

Saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (10/2), Pemegang Program Gizi Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Rina Prasetyowati menyampaikan bahwa kegiatan pemberian kapsul vitamin A ini sebagai upaya mencegah kekurangan vitamin A.

"Kami sudah persiapan sejak Januari, dan ini sudah mulai berjalan di posyandu-posyandu," kata Rina.

Rina menyebutkan, dari 20.150 vitamin ini sebanyak 2.350 merupakan kapsul vitamin berwarna biru untuk anak usia 6 - 11 bulan, dan 17 ribuan kapsul vitamin A berwarna merah untuk anak usia 1- 5 tahun.

"Vitamin A diberikan melalui kegiatan penimbangan posyandu pada bulan Februari ini. Nanti ada putaran selanjutnya pada Agustus mendatang," jelas Rina.

Diungkapkan Rina bahwa selama ini distribusi vitamin A di Kota Pekalongan kepada masyarakat berjalan lancar. Masyarakat juga sudah sadar kebutuhan vitamin A bagi anak.

"Pemberian vitamin A berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare, membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap, dan baik bagi pertumbuhan balita," pungkas Rina.