Pemkot Pekalongan Mulai Susun RKPD 2023

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan menggelar Forum Perangkat Daerah Tahap 1 di Ruang Jetayu Setda, Kamis (10/2). Forum ini dilaksanakan untuk menyusun rancangan RKPD Kota Pekalongan Tahun 2023.

Forum yang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Pekalongan ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid.

Walikota Aaf, sapaan akrabnya menyampaikan bahwa pada forum ini dibahas mengenai usulan-usulan tentang kegiatan, administrasi, dan sebagainya dari masing-masing OPD.

"Kota Pekalongan sudah enam kali berturut-turut mendapat penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) targetnya tahun 2022 ini wajib dipertahankan," tutur Aaf.

Menurut Aaf, agar WTP dapat dipertahankan administrasi masing-masing OPD haruslah baik. Apalagi kaitannya dengan program yang menggunakan APBN dan APBD.

"Program yang menggunakan anggaran dari APBN yakni permasalahan di Kota Pekalongan seperti banjir dan rob, sampah, pasar, pelabuhan onshore, dan sektor perikanan. Dinas terkait haruslah berkomunikasi dengan pusat secara intens untuk mendorong agar terlaksana," terang Aaf.

Dikatakan Aaf, kalau komunikasi intens artinya Kota Pekalongan selalu mengingatkan pemerintah pusat, jadi akan selalu diingat dan terlaksana.

Kemudian kaitannya dengan anggaran APBD, usulan yang diajukan saat musrenbang banyak.

"Mudah-mudahan usulan tahun ini bisa mengakomodasi skala prioritas atau yang bersifat penanganan-penanganan. Misalnya kelancaran ekonomi dan akses-akses," pungkas Aaf.