Gandeng OPD, Dekranasda Kota Pekalongan Komitmen Bangkitkan UMKM

Kota Pekalongan - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pekalongan menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) tahun anggaran 2022 sebagai upaya menyelaraskan program kerja dan menjalin sinergitas dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Aula Kantor PKK setempat, Kamis (10/02).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Dekranasda Kota Pekalongan Inggit Soraya, Wakil Ketua Dekranasda Istiqomah, para pengurus, dan beberapa perwakilan OPD, diantaranya Bappeda, BPKAD, Dindagkop-UKM, Dinperinaker, Dinkominfo, Dinparbudpora, Bagian Perekonomian, dan Bagian Protokol Kompim Setda Kota Pekalongan.

Dekranasda Kota Pekalongan merupakan wadah yang membina pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) khususnya yang bergerak di bidang kerajinan untuk dapat berkreasi dan berinovasi menggembangkan produk guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Pekalongan. Oleh sebab itu, dibutuhkan sinergitas dari beberapa OPD yang memiliki keterkaitan dan tupoksi yang sejalan dengan kegiatan serta program kerja Dekranasda.

Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya menyampaikan saat ini Dekranasda berada dibawah binaan Dindagkop-UKM setelah sebelumnya berada dibawah Bagian Perekonomian Setda Kota Pekalongan, namun menurutnya kegiatan dan program kerja Dekranasda dapat disinergikan dengan beberapa OPD yang ada di Kota Pekalongan.

“Saat ini dekranasda berada di bawah Dindagkop-UKM, bukan bagian perekonomian, namun tidak menutup kemungkinan untuk OPD yang lain bisa men-support kegiatan dekranasda jadi kita libatkan,” terangnya.

Inggit mengatakan, beberapa perwakilan masing-masing OPD yang hadir telah menyampaikan paparan terkait program apa saja yang bisa disinergikan dengan program Dekranasda,

“Tadi berapa ada masukan yang bagus dari perwakilan masing-masing OPD dan disinergikan dengan kami tentunya untuk membantu meningkatkan perekonomian di Kota Pekalongan melalui UKM,” katanya.

Inggit menuturkan, meskipun Kota Pekalongan masih dalam masa pandemi COVID-19 melalui Dekranasda, pihaknya terus berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan UKM yang ada di Kota Pekalongan.

Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda Istiqomah berharap hadirnya Dekranasda mampu membina UKM Kota Pekalongan.

“Mudahan-mudahan UKM Kota Pekalongan yang tergabung dalam dekranasda semakin maju, semoga dekranasda bisa mengayomi mereka sampai ke mancanegara,” harap Istiqomah.