Cantika, Wadah Usaha Ekonomi Perempuan Berbasis Rumahan di Pekalongan

Kota Pekalongan - Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu pilar penting khususnya dalam perkembangan serta peningkatan sektor perekonomian di Kota Pekalongan. Seperti yang diketahui, jumlah UKM di Kota Pekalongan tergolong banyak, Cantika merupakan salah satu kelompok usaha ekonomi yang beranggotakan kaum perempuan berbasis rumahan, yang berada di bawah binaan Kelurahan Jenggot, Kecamatan Barat Kota Pekalongan. Kelompok tersebut dibentuk sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas ekonomi terutama untuk kaum perempuan.

Ketua sekaligus koordinator kelompok Cantika, Aprilia Robiatun menjelaskan nama Cantika memiliki singkatan yakni CANtik, produkTif, Inovatif dan berKAh dimana singkatan tersebut sesuai dengan komitmen setiap anggota kelompok tersebut.

“Kami merupakan kelompok usaha ekonomi perempuan berbasis rumahan Cantika, singkatan dari cantik, produktif, inovatif dan berkah,” jelas Aprilia.

Aprilia menyebut, anggota kelompok Cantika berjumlah 25 orang dan masing-masing anggota memiliki produk inovasi yang berbeda-beda dan setiap produk dibandrol kisaran harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000, harga yang tergolong murah dan ramah kantong.

“Setiap anggota kita memiliki produk masing-masing, ada makanan ringan, cookies, dan hasil perca, untuk produk unggulan saat ini kita ada stik buah naga, gapit wijen, stik bawang, kerupuk telur asin, dan masih banyak lagi,” katanya.

Hingga saat ini, disampaikan Aprilia hasil produk kelompok cantika dipasarkan melalui online dan offline. Pemesanan via online dapat dilihat melalui instagram @ppep_cantika_keljenggot , facebook @ppep cantika kel jenggot maupun telegram cantika. Dan untuk pembelian secara online, Aprilia menerangkan setiap bulan minggu pertama pada hari jumat, kelompok cantika membuka stand di kelurahan jenggot.

Lebih lanjut, Aprilia menjelaskan di tahun 2021, kelompok Cantika mendapat juara II lomba PPEP tingkat provinsi. Aprilia berharap dengan hadirnya kelompok cantika, kaum perempuan dapat berkreasi, berinovasi, dan berkarya dari rumah sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat Kota Pekalongan.