Vaksinasi Booster RSUD Batang Sasar Lansia hingga ODGJ

Batang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batang berupaya memberikan pelayanan maksimal vaksinasi dosis penguat (booster) kepada masyarakat, tidak terkecuali kalangan lansia hingga Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Kepala Bidang Pelayanan Penunjang Medis dan Non Medis RSUD Batang dr. Feria Kurniawati mengatakan, pelayanan vaksin booster diberikan kepada seluruh kalangan. Mulai dari keluarga petugas medis, Aparatur Sipil Negara (ASN) dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lansia dari kalangan masyarakat umum. Karena RSUD melayani semua kalangan, maka jika ada ODGJ yang datang pun akan dilayani untuk vaksinasi booster.

“Yang ODGJ juga prioritas, yang memang jadi target kami. ODGJ yang divaksinasi Booster baru satu yang datang langsung ke RSUD,” katanya, saat meninjau proses vaksinasi, di RSUD Kabupaten Batang, Jumat (11/2).

Ia menerangkan, sebelumnya pihak RSUD juga berkontribusi dalam pemberian vaksinasi kepada ODGJ secara jemput bola yang bekerja sama dengan Dinkes dan Puskesmas setempat.

“Dalam pemberian vaksinasi kepada ODGJ, yang datang langsung, yang penting mereka kooperatif, tidak mengalami gaduh dan gelisah,” jelasnya.

Pihak RSUD hanya berupaya memberikan dukungan penuh saja, terhadap program Pemkab Batang.

“Bersama Dinkes kami juga berkontribusi memberikan layanan kesehatan. Bagi masyarakat umum, lansia maupun ODGJ bisa mendapatkan layanan vaksin booster tiap Selasa dan Kamis,” ungkapnya.

Salah satu orang tua dari ODGJ, Dalari mengutarakan, sebelumnya putranya telah mendapatkan dua kali dosis, sehingga mendapat izin untuk divaksin booster.

“Ya terima kasih anak saya sudah mendapat izin untuk divaksin booster. Yang penting anak saya sehat, tidak kena COVID-19,” pungkasnya.