Pemkab Demak Gelar Musrenbangcam 2023

Demak – Pemerintah Kabupaten Demak melalui Bapelitbangda menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 pada Kecamatan (Musrenbangcam), di Gedung Grhadika Bina Praja, Rabu (16/2).

Dalam sambutannya, Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan, pelaksanaan Musrenbangcam kali akan membahas program dan kegiatan yang diarahkan sebagai upaya peningkatan pelayanan publik dan pemerataan pembangunan melalui pemanfaatan teknologi informasi atau sesuai dengan tema pembangunan Kabupaten Demak tahun 2023.

“Untuk mencapai keberhasilan program tersebut seluruh peserta musrenbang kecamatan agar bersinergi, berintegrasi, duduk bersama dan bermusyawarah untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/ kelurahan,” kata Eisti’anah.

Dirinya menekankan agar permasalahan yang harus menjadi prioritas penanganan di Kabupaten Demak pada tahun 2023 adalah pelayanan publik dan pemerataan pembangunan.

“Artinya, di tahun 2023 Pemkab Demak akan lebih serius menguatkan basis data tingkat desa. Terutama basis data di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan. Sedangkan dalam hal pemerataan pembangunan, akan difokuskan pada kegiatan yang outputnya untuk mengurangi kesenjangan wilayah,” ungkapnya.

Adapun beberapa isu strategis yang perlu diselesaikan meliputi optimalisasi kinerja pelayanan pendidikan dan kesehatan menuju kemandirian dan daya saing SDM yang berkeadilan, percepatan penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan dampaknya, serta penguatan struktur ekonomi melalui pendayagunaan sektor unggulan daerah.

Kemudian, tambah bupati, percepatan pengentasan kemiskinan dan upaya pemenuhan ketersediaan dan kualitas PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum).

Hal serupa disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Demak Fahrudin Bisri Slamet. Dirinya berharap agar Musrenbangcam ini bisa berhasil dengan baik tentunya dari kecamatan bisa mengusulkan program prioritas sesuai dengan tema tahun 2023.  Selain itu dibutuhkan dukungan dari semua pihak untuk mencapai keberhasilan tersebut.

“Peran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sangat penting dan peran Inspektorat dalam pengawasan, ini pastinya untuk mendukung tercapainya apa yang sudah direncanakan Pemerintahan Kabupaten Demak,” terangnya.

Turut hadir langsung dalam kegiatan Musrenbangcam ini, Wakil Bupati Ali Makhsun, Sekda Singgih Setyono, para asisten sekda dan pimpinan OPD. Adapun yang mengikuti melalui zoom meeting dan chanel youtube dari Forkopimcam se-Kabupaten Demak, dan perwakilan masyarakat.