RS Bhayangkara Polres Muara Enim Akan Dibangun Dilahan 5 Hektar

Muara Enim - Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polres Muara Enim resmi akan dimulai pembangunannya di atas lahan seluas 5 hektar di Jalan Transad, Kelurahan Pasar I, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah antara Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Sumatera Selatan tentang hibah tanah milik Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara oleh Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar dan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Toni Harmanto di Asrama Perwira Polres Muara Enim, Kamis (17/2) pagi.

Dalam sambutannya pada acara yang digabungkan dengan Peresmian Pembangunan Poliklinik Polres Muara Enim dan Kolam Sanika Satyawada Polres Muara Enim oleh Kapolda Sumsel tadi, Pj Bupati Muara Enim yakin hal tersebut merupakan pilihan yang tepat, mengingat letak geografis Kabupaten Muara Enim, khusus Ibu Kota Kecamatan Muara Enim yang berada di tengah-tengah Provinsi Sumatera Selatan (Center of South Sumatera).

"Insya Allah nantinya keberadaan RS Bhayangkara Polres Muara Enim ini dapat lebih  mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah Sumatera Selatan bagian barat," ucap Pj Bupati Muara Enim.

Selain itu, Pj Bupati mengharapkan, dengan adanya RS Bhayangkara Polres Muara Enim dapat menjadi salah satu upaya pengembangan kawasan perkotaan Ibu Kota Kabupaten, sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Muara Enim 2018-2038 dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Muara Enim 2019-2038 yang memperuntukkan kawasan tersebut sebagai pendukung kegiatan sosial Ibu Kota Kabupaten, salah satunya keberadaan fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit.

"Juga nantinya, lokasi ini berada di jalur strategis yang menghubungkan jalan lingkar (ringroad) Ibu Kota Kabupaten dengan Kecamatan Lubai dan Kawasan Industri Tanjung Enim (KITE) serta dekat dengan pintu akses jalan tol. Tak jauh dari lokasi ini pun terdapat lokasi rencana Gedung Polsek Muara Enim," terangnya.

"Untuk semua itu, Kami (Pemkab. Muara Enim) mengucapkan terima kasih kepada Polda Sumsel yang telah memilih Kabupaten Muara Enim sebagai lokasi pembangunan RS Bhayangkara dalam wilayah hukum Polda Sumsel dan kami berkomitmen mendukung semangat, cita-cita Reformasi Birokrasi di Institusi Kepolisian  sehingga mampu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat utamanya di Bumi Serasan Sekundang," pungkas Pj Bupati.

Hadir bersama Pj Bupati Muara Enim, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Kadin Kesehatan, Kadin Perkim, Kadin PUPR, Kadin Kominfo, Kepala BPKAD, Kepala BPBD, dan Direktur RSUD H M Rabain Muara Enim.