Bupati Batang Minta Kongres Anak Hasilkan Rekomendasi untuk Pemda

Batang – Bupati Batang Wihaji meminta Kongres Anak Batang (KAB) ke-IV yang digelar Forum Anak Batang (Fanta) menghasilkan rekomendasi yang diberikan kepada pemerintah daerah.

“Saya berharap melalui kongres ini, nanti anak-anak bisa merekomendasikan apa yang seharusnya dikerjakan oleh saya dan Pemerintah daerah,” kata Wihaji, saat pembukaan Kongres Anak Batang di Wisata Agro Selopajang Timur, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Sabtu (19/2).

Wihaji mengatakan, Kongres Anak merupakan momentum bagi anak-anak Batang untuk merumuskan beberapa hal yang berkaitan dengan hak-hak anak yang kurang terlindungi.

“Saya selaku kepala daerah, atas nama Pemerintah daerah, semaksimal mungkin melayani semua, termasuk hak-hak anak, seperti hak hidup, hak tumbuh-kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi. Kita memaksimalkan hak-hak anak tersebut sesuai peraturan perundang-undangan,” tegasnya.

Terkait hak partisipasi, ia juga mengapresiasi peran forum anak dalam pembangunan daerah. Hal itu, lanjut dia, ditunjukkan melalui keaktifan anak-anak dalam setiap pembahasan kebijakan seperti dalam Musyawarah Rencana Pembangunan.

Sebelumnya dilaporkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Batang Supriyono, Kongres Anak Batang diikuti oleh 70 anak Kabupaten Batang.

“Sebanyak 50 anak merupakan perwakilan tiap kecamatan, sedangkan 20 anak lainnya merupakan pengurus Forum Anak Batang,” pungkasnya.