Cegah Stunting, Wali Kota Pekalongan Imbau Ibu Hamil Manfaatkan Pemeriksaan Gratis

Kota Pekalongan - Pemerintah kota Pekalongan terus berupaya menekan angka kekerdilan (stunting) melalui program pemberian layanan pemeriksaan gratis bagi ibu hamil di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid, beberapa waktu lalu.

Seperti yang diketahui, mengurangi risiko anak mengalami stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan. Oleh sebab itu, Wali Kota Pekalongan yang akrab disapa Aaf itu mengungkapkan, tahun ini pihaknya akan terus berupaya untuk memantau dan melaksanakan program pemeriksaan gratis bagi ibu hamil warga Kota Pekalongan.

Disampaikan Aaf, ibu hamil dapat memperoleh layanan pemeriksaan gratis selama empat kali pada masa kehamilan.

“Kita terus pantau dan kita terus programkan untuk pemeriksaan ibu hamil di puskesmas ini gratis selama empat kali pada masa kehamilan,” kata Aaf.

Aaf mengimbau kepada para calon ibu untuk dapat memanfaatkan layanan gratis tersebut melalui puskesmas terdekat.

“Melalui pemeriksaan tersebut, diharapkan ibu yang mengandung, mendapatkan asupan gizi tambahan seperti makanan tambahan, vitamin yang sesuai standar kesehatan supaya anaknya bisa normal, pintar, mencegah dan mengurangi stunting,” tandas Aaf.

Lebih lanjut, Aaf menyampaikan, pihaknya juga saat ini memberikan pendampingan gratis untuk anak-anak kekurangan gizi melalui puskesmas Dukuh.

“Pendampingan anak-anak kekurangan gizi sudah kita lakukan, semua free yaitu di puskesmas dukuh, sebagai upaya kita untuk menekan stunting, gizi buruk dan sebagainya,” pungkas Aaf.