Pemkab Batang Kembali Gelar Vaksinasi Berhadiah Sepeda Motor

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, kembali menggelar vaksinasi COVID-19 berhadiah sepeda motor. Vaksinasi berhadiah ini merupakan kolabirasi Pemerintah Kabupaten Batang, DPRD, TNI Kodim 0736 Batang, Polres Batang, Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Batang.

Launching vaksinasi berhadiah sepeda motor dosis satu dan dua akan berlangsung di Aula Kantor Bupati Batang pada Selasa (22/2). Kegiatan tersebut juga akan diserahkan pula piagam penghargaan atas kinerja dan peran serta dalam penanganan wabah COVID-19 di Kabupaten Batang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang dr Didiet Wisnu Hardanto mengatakan, vaksinasi berhadiah ini sebagai upaya meningkatkan cakupan vaksinasi untuk dosis kedua.

Ia menyebutkan, berdasarkan intruksi Menteri Dalam Negeri 10/2022 tentang Pemberlakukam Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, 2 dan 1. Minimal capaian vaksinasi dosis 2 sebesar 70 persen, dan minimal capaian total vaksinasi usia lanjut diatas 60 tahun minimal 60 persen.

“Dari catatan Dinkes Batang capaian vaksinasi per Rabu (16/2) dosis 1 mencapai 85 persen dari total sasaran 622 ribu orang. Adapun untuk dosis 2 mencapai 55,40 persen, Lansia 67.84 persen,” katanya, saat ditemui di Dinkes Kesehatan Batang, Kabupaten Batang, Senin (21/2).

Ia juga berharap, kepada masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dalam beraktivitas. Selain itu, ia meminta masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi di Puskesmas terdekat, agar terbentuk herd immunity masyarakat. Mengingat angka kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Batang mengalami peningkatan.

“Catatan Dinkes per 20 Februari 2022 ada sekitar 331 orang terpapar COVID-19,” ungkapnya.

Dari jumlah kasus tersebut 8 desa Kecamatan seperti Wonotunggal, Reban, Blado, Tersono, Banyuputih, Subah dan Tulis masuk zona orange dan Kecamatan Bawang masuk status zona Kuning.

“Enam kecamatan masuk zona merah COVID-19 yaitu, Gringsing, Limpung, Pecalungan, Kandeman, Batang dan Warungasem,” pungkasnya.