Bupati Pemalang Lantik Penjabat Kades Kebanggan

Pemalang - Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo melantik dan mengambil sumpah Penjabat Kepala Desa Kebanggan, Kecamatan Moga, Sudinoto di Balai Desa setempat, Senin (21/2).

Kepada Penjabat Kades Kebanggan yang baru, bupati berpesan agar dapat melaksanakan kewajibannya untuk melakukan manajemen penyelenggaraan pemerintahan desa secara efektif dan efisien serta terus mengevaluasi kinerja struktur organisasi perangkat desa agar tugas pokok dan fungsi dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk mengoptimalisasi kinerja pemerintahan desa, bupati juga minta kepada Sudinoto supaya dapat mempelajari, memahami dan melaksanakan dengan baik semua peraturan dan ketentuan yang mengatur tentang pemerintahan desa.

Karena masa jabatannya sebagai Penjabat Kades Kebanggan sangat terbatas, maka dalam kesempatan itu bupati mengharapkan agar mampu melaksanakan program-program pembangunan desa dengan sebaik mungkin.

Sehubungan dengan itu, bupati juga berpesan supaya kegiatan pembangunan yang berdampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa agar diprioritaskan.

Selama menjalankan berbagai kegiatan Pemerintahan Desa, bupati meminta supaya Penjabat Kades Kebanggan senantiasa melibatkan BPD maupun Lembaga Kemasyarakatan yang ada di desanya demi terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan desa yang partisipatif, bersih dan akuntabel.

Di hadapan semua yang hadir di acara pelantikan, bupati menjelaskan, berkaitan dengan awal tahun anggaran 2022, terdapat tugas-tugas yang harus segera dilaksanakan terutama yang berkaitan dengan Laporan Kepala Desa Akhir Tahun Anggaran 2021 (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan atau LPP Desa kepada Bupati melalui Camat, kemudian Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan atau LKPP Desa kepada BPD dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan atau LPP Desa kepada masyarakat desa) serta Laporan Pertanggungjawaban APBDes 2021. Untuk itu, Bupati imbau Penjabat Kades Kebanggan dapat menindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Di akhir sambutannya, bupati mengingatkan kepada Penjabat Kades Kebanggan untuk mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, terlebih dalam masa darurat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

" Tingkatkan kedisiplinan terhadap prokes 5M dan sosialisasikan tata cara kehidupan new normal dan memperhatikan target capaian vaksinasi yang belum optimal," pintanya.

Sebelumnya, bupati mengingatkan agar selama memimpin penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di Desa Kebanggan, Penjabat Kades Sudinoto senantiasa mengedepankan sikap tanggung jawab, rela berkorban, tulus ikhlas mengabdi kepada masyarakat dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dan transparansi.

Usai pelantikan, bupati dan para kepala OPD, anggota Forkopimca Moga,menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada Sudinoto.