Pemkot Tomohon dan BPS Canangkan Pembangunan Zona Integritas

Tomohon - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tomohon bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan pencanangan pembangunan zona integritas dan Focus Group Discussion PDRB serta penyusunan publikasi Kota Tomohon dalam angka tahun 2022 di Grand Master Resort Tomohon, Rabu (23/2).

Pencanangan ditandai dengan pemukulan tetengkoren oleh Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut, disertai penandatanganan piagam pencanangan oleh Kepala BPS Kota Tomohon Jefry J Runtulalo, serta penandatanganan oleh Wakil wawako sebagai saksi dalam pencanangan.

Dalam sambutan Pemerintah Kota Tomohon yang dibacakan Asisten Umum Setda K mengatakan bahwa zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Diharapkan komitmen kita semua sebagai produsen tidak hanya dapat memberikan data tepat pada waktunya tapi juga memberikan makna dan arti dari pada data itu sendiri. Informasi mengenai bagaimana data diperoleh, regulasi yang menaungi, konsep definisi data serta bagaimana interpretasi atau menerjemahkan data tersebut juga sangatlah penting agar kebijakan yang diambil dapat tepat sasaran. Kepada semua pihak diajak untuk memberikan dukungannya kepada Badan Pusat Statistik Kota Tomohon dalam mewujudkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani, serta bersama-sama bersinergi menyediakan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan demi mewujudkan Kota Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala BPS Kota Tomohon Jefry J Runtulalo menjelaskan, tujuan pencanangan pembangunan zona integritas ini agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi, dan berperan serta dalam program kegiatan pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik

Sedangkan tujuan kegiatan Forum Group Discussion dan Penyusunan  Data Publikasi Kota Tomohon Dalam Angka Tahun 2022, ujarnya, yakni melaksanakan pembinaan sektoral dan evaluasi kepada instansi perangkat daerah agar data yang disediakan untuk Publikasi Tomohon Dalam Angka dan PDRB sesuai dengan standar data nasional.

Hadir dalam kegiatan ini, jajaran Pemerintah Kota Tomohon bersama unsur terkait lainnya. Sementars narasumber, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon Daniel Pontonuwu bersama Kadis Kominfo Kota Tomohon Novi Politon.