Bupati Mabar Serahkan LKPD 2021 kepada BPK

Labuan Bajo – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Bupati Edistasius Endi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat tahun 2021vkepada Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan NTT, di Aula Kantor Bupati, Kamis (24/2).

Bupati Edi Endi, dalam sambutannya mengatakan, penyampaian LKPD Mabar kepada BPK merupakan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 dan konstitusi.

Bupati menegaskan, seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk mendukung dan memudahkan kerja dari tim auditor BPKP NTT pada setiap unit kerja lingkup setempat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Edi Endi meminta sekda Mabar dibantu OPD terkait, agar penyampaian LKPD Tahun Anggaran 2022 harus dilaksanakan lebih cepat lagi dari tahun ini, yakni diserahkan paling lambat 20 Januari 2023.

“Saya meminta Pak Sekda agar tahun depan penyampaian LKPD harus lebih cepat dari tahun ini. Paling lambat 20 Januari 2023 LKPD sudah kita serahkan,” tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan NTT Adi Sudibyo menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang menyerahkan LKPD tahun 2021 lebih cepat. Apalagi Jika di bandingkan dengan kabupaten/kota lain di NTT.

Apresiasi kepada Pemkab Mabar, juga disampaikan Kepala BPKP NTT atas komitmen agar LKPD tahun 2022 di serahkan lebih cepat dari 2021.

Adi Sudibiyo berharap agar LKPD yang disampaikan oleh Pemkab Manggarai Barat mempertahankan kondisi laporan keuangan pada tahun sebelumnya. Kalau memungkinkan laporan pada tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

Penyerahan LKPD Kabupaten Mabar ini, hanya berselang satu hari menjelang HUT ke-19 Kabupaten Manggarai Barat. Oleh karena itu, Kepala BPKP NTT, Adi Sudibiyo menyampaikan ucapan selamat HUT ke-19 Kabupaten Manggarai Barat, dan juga mengucapkan selamat atas satu tahun kepemimpinan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng.

Hadir dalam acara penyerahan LKPD Kabupaten Manggarai Barat TA 2021, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat Darius Angkur, Ketua tim dan anggota auditor BPK Perwakilan NTT Sekda Mabar. Fransiskus Sales Sodo, para asisten sekda dan pimpinan OPD lingkup Pemkab Manggarai Barat.